Close

Modus Pinjam untuk Beli Rokok, Motor Tukang Ojek Dilarikan lalu Dijual di Pesisir Selatan

GELAPKAN MOTOR— Dua pelaku penggelapan sepeda motor dengan sasaran tukang ojek ditangkap jajaran Satreskrim Polres Pessel.

PESSEL, METRO–Tim Macan Kumbang Satreskrim Polres Pesisir Selatan menangkap spesialis penggelapan sepeda motor yang sudah melancarkan aksinya di lokasi berbeda dengan sasaran tukang ojek. Modusnya, pria paruh berpura-pura menjadi penumpang dan kemudian meminjam motor milik tukang ojek lalu dibawa kabur.

Bahkan, pelaku ber­ini­sial AN (50) ini sudah meng­gelapkan empat unit se­peda motor tukang ojek. Se­telah berhasil dibawa ka­bur, sepeda motor itu se­lanjutnya dijual oleh pela­ku dengan bantuan rekan­nya berinisial DC (31) war­ga Muko-Muko, Bengkulu.

Kapolres Pesisir Sela­tan AKBP Sri Wibowo me­lalui Kasat Reskrim AKP Hen­dra Yose mengatakan, pe­nangkapan pelaku peng­ge­lapan dan rekannya yang ikut membantu men­jualkan sepeda motor hasil penggelapan, setelah pi­hak­nya menerima lapo­ran dari korban berinisial D yang sepeda motornya dibawa kabur pelaku AN.

“Modus operandi yaitu berpura pura menjadi pe­num­pang kepada korban yang bekerja sebagai tu­kang ojek. Selanjutnya lalu pelaku berpura pura me­minjam sepeda motor tu­kang ojek untuk membeli rokok ke kedai atau mem­beli pulsa ke konter dan selanjutnya sepeda motor tukang ojek tersebut di­bawa kabur,” ungkap AKP Hendra Yose, Kamis (23/9).

AKP Hendra Yose me­nu­turkan, menindaklanjuti laporan korban, pihaknya langsung melakukan per­buruan terhadap pelaku AN di kediamannya. Na­mun, ketika ditangkap, ti­dak ditemukan sepeda mo­tor yang telah dibawa ka­bur. Setelah diinterogasi, pelaku pun mengakui kalau sepeda motor tersebut sudah dijual.

“Pengakuan pelaku AN, sepeda motor yang dige­lapkannya itu dijual kepada re­kannya DC. Kita lakukan pengembangan dan pe­laku DC kita tangkap di ke­diaman­nya di Ranah Ka­rya, Dusun Sawah Luas,­Kecamatan Lu­buk Pinang, Kabupaten Mu­ko Muko, Bengkulu,” ungkap AKP Hendra Yose.

Dijelaskan AKP Hendra Yose, dari penangkapan pelaku DC, pihaknya me­ne­mukan empat unit sepeda motor dengan rincian tiga unit Honda Revo dan satu unit Yamaha Mio. Keempat sepeda motor itu meru­pakan hasil kejahatan pela­ku AN di Kabupaten Pessel.

“Saat ini keduanya be­serta barang bukti sudah di­amankan di Polres. Pe­laku akan kami jerat de­ngan Pasal 372 dan 378 KUHPidana. Kita masih terus melakukan pengem­bangan untuk meng­ungkap ada­nya dugaan TKP lain,” pungkasnya. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top