Menu

Modus Minta Sumbangan, 4 Pemuda Kepergok Pungli di Jalan Sumbar-Riau

  Dibaca : 142 kali
Modus Minta Sumbangan, 4 Pemuda Kepergok Pungli di Jalan Sumbar-Riau
PELAKU PUNGLI— Jajaran Satreskrim Polres Limapuluh Kota mengamankan empat orang yang melakukan pungli di Jalan Sumbar-Riau.

LIMAPULUH KOTA, METRO
Jajaran Satreskrim Polres Limapuluh Kota dibantu Polsek Pangkalan menangkap empat orang diduga pelaku pungutan liar (Pungli) di Jalan Sumbar-Riau tepatnya di Lubuak Jantan, Nagari Manggilang, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sabtu dinihari (26/12) sekitar pukul 01.07 WIB.

Saat diamankan, keempat pemuda itu kedapatan sedang asyik memintai uang kepada pengguna jalan Sumbar-Riau dengan meletakkan kursi di badan jalan dan kardus. Mereka meminta uang kepada pengguna jalan dengan berkedok sumbangan untuk tabliqh akbar, jalan rusak dan kegiatan kepemudaan.

Namun, setelah diselidiki, ternyata mereka memintai uang atas inisiatif sendiri dan untuk kepentingan pribadi. Penangkapan terhadap pelaku, dilakukan setelah Polisi mendapat laporan dari masyarakat atau korban melalui layanan laporan polisi 110 pada tanggal 25 Desember 2020 lalu.

Kapolres Limapuluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso melalui Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan, menyampaikan selain melakukan pungli kepada pengendara, ulah keempat pelaku juga menimbulkan kemacetan panjang di Jalan Sumbar-Riau.

“Memang kita melakukan penangkapan terhadap pelaku diduga melakukan pungli di Jalan Lintas Sumbar-Riau. Kita mendapatkan laporan adanya aksi pungli itu dari seseorang yang menjadi korban ketika melintas di lokasi melalui layanan call centre,” sebut Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan kepada wartawan.

Disampaikan Kasatreskrim, keempat palaku usai dimankan langsung dibawa ke Polres Limapuluh Kota untuk penyidikan lebih lanjut. Kepada penyidik, keempat pelaku menyebut ada tiga modus yang dilakukan untuk meminta-minta di jalan, pertama berkedok jalan rusak, kedua tabliqh akbar dan kegiatan kepemudaan.

“Perbuatan mereka sangat meresahkan dan membuat macet. Apalagi, kondisi saat ini jalan Sumbar-Riau dalam keadaan ramai mengingat libur Natal tahun 2020 dan menjelang pergantian tahun 2021. Ketika ditangkap, mereka sedang meminta uang kepada pengendara,” ugkap Kasatreskrim.

Amankan Tujuh Pasang Sandal
Sebelumnya, Jajaran Satreskrim Polres Limapuluh Kota yang melakukan patroli juga sempat mendapi sekelompok pemuda yang melakukan pungli. Namun, saat itu mereka berhasil kabur ke dalam hutan dan yang tertinggal hanya sandal-sandal para pelaku.

“Saat kita melakukan patroli menuju Pangkalan, didapati ada sekelompok pemuda melakukan pungutan liar di jalan yang kondisinya rusak, tepatnya di Lubuak Jantan, Nagari Manggilang, dan kita lakukan tindakan. Saat hendak diamankan, mereka lari masuk hutan. Dan kita hanya berhasil mengamankan tujuh pasang sandal, kaleng yang dijadikan tempat uang hasil pungi serta uang Rp6 ribu yang berserakan di tengah jalan,” sebut AKP Nofrizal Chan.

Pada kesempatan itu, Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan juga menyampaikan arahan kepada tokoh Pemuda dan masyarakat yang berada diseputaran jalan Rusak yang menjadi tempat dilakukan pungli oleh sekelompok pemuda kepada pengguna jalan Sumbar-Riau yang melintas dilokasi.

Disampaikan Kasatreskrim AKP Nofrizal Chan, dilakukannya patroli di jalan lintas Sumbar-Riau dalam suasana perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 gun menekan angka kriminal terutama Tiga C ( Curas, Curat, Curanmor) dan Pungli. “Kita lakukan patroli sepanjang jalan lintas Sumbar-Riau sebagai antisipasi terjadi pencurian dan pungli,” sebutnya.

Selain melakukan patroli sepanjang jalan Sumbar-Riau, Tim Opsnal Satreskrim Polres Limapuluh Kota juga menempelkan imbauan Kapolres di warung-warung di tempat yang berpotensi dijadikan keramaian atau berkumpulnya orang dengan jumlah banyak untuk merayakan penyambutan tahun baru 2021. “Adapun tempat yang telah didatangi berupa tempat tempat yang dapat menimbulkan keramaian, yaitu Warung disepanjang Fly Over Kelok 9,” terangnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional