Menu

Modus Besuk Napi di Lapas, Oknum Satpol PP Dharmasraya Kedapatan Bawa Sabu

  Dibaca : 210 kali
Modus Besuk Napi di Lapas, Oknum Satpol PP Dharmasraya Kedapatan Bawa Sabu
BAWA SABU— Pegawai honorer Satpol PP berinisial YS (23) diamankan Satresnarkoba lantaran kedapatan membawa sabu ke Lapas Kelas III Dharmasraya.

DHARMASRAYA, METRO
Kedapatan membawa sabu pesanan narapidana, seorang pegawai honorer Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Dharmasraya diamankan Satrenarkoba Polres Dharmasraya di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas III Dharmasraya, Jorong Palo Tabek, Kenagarian Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Senin (1/11) sekitar pukul 13.00 WIB.

Modusnya, pelaku berinisial YS (23) berpura-pura berkunjung saat jam besuk dengan alasan bertemu dengan temannya yang merupakan warga binaan di Lapas tersebut. Sabu sebanyak dua paket yang dibawa pelaku itu, ditemukan di dalam kotak rokok milik pelaku. Setelah diamankan, dibawa ke Polres Dharmasraya untuk diproses hukum.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah melalui Kasat Narkoba, Iptu Rajulan mengatakan, penangkapan pelaku YS, warga Ampang Kamang Kenagarian Sungai Dareh, Kecamatan Pulau Punjung ini berawal dari laporan petugas lapas klas III Dharmasraya.

“Awalnya petugas Lapas mencurigai gerak-gerik salah seorang pengunjung yang membesuk temannya di lapas tersebut. Kecurigaan petugas saat tersangka terus memanggil-manggil nama Tampin yang merupakan orang yang akan ditemuinya,” kata Iptu Rajulan.

Dijelaskan Iptu Rajulan, karena curiga, petugas Lapas kemudian dilaporkan kepada pihaknya. Mendapatkan laporan tersebut, pihaknya langsung menuju Lapas yang tidak jauh dari Mapolres Dharmasrsya dan kemudian melakukan penggeledahan terhadap tersangka.

“Dari tangan tersangka ditemukan barang bukti berupa satu kotak rokok merek sampoerna yang di dalamnya diselipkan dua paket sabu ukuran sedang yang dibungkus kertas warna putih. Untuk penyelidikan lebih lanjut tersangka dibawa ke Polres menjalani pemeriksaan dan ditahan,” katanya.

Dikatakan Iptu Rajulan, ketika diinterogasi, pelaku yang berperan sebagai kurir ini mengaku baru pertama kalinya mengantarkan sabu ke Lapas tersebut. Tetapi, pengakuan itu bisa saja alibi pelaku. ”Pelaku akan dijerat pasal 114 jo 112 UU No 35 tahun 2009, tentang narkotika. dengan ancaman hukuman minimal lima tahun kurungan penjara,” tegas Iptu Rajulan.

Terpisah, Plt Kepala Satuan Polisil Pamong Praja (Satpol PP) Dharmasraya, Safruddin membenarkan kalau YS merupakan salah seroang anggotanya yang berstatus pegawai honorer. Saat ini, YS ditahan di Polres Dharmasraya atas kasus penyalahgunaan narkotika.

“Kita sangat menyanyangkan ada anggota kita diduga terlibat kasus narkotika. Pastinya, kita akan memberikan sanksi yang tegas jika hal ini terbukti. Secara aturan dan perjanjian kita di satuan Pol PP, jika terbukti kasus pidana berat termasuk narkotika, maka dipecat, “ tegasnya

Saat ditanya apakah akan melakukan evaluasi di tubuh satuan Pol PP Dharmasraya, Safruddin menegaskan sedang membicarakan hal ini dengan pihak pihak terkait lainnya.”Tentunya setiap kejadian akan kita lakukan evaluasi, terkait kejadian ini dimungkinkan saja kita lakukan tes urin bagi semua  anggota dan jajaran Satpol PP, “ pungkasnya (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional