Close

Mobilitas Tinggi selama Idul Fitri, Kadinkes Padang Prediksi Terjadi Lonjakan Kasus Covid-19

Ferimulyadi Hamid - Kadis Kesehatan Padang

ADINEGORO, METRO—Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Ferimulyani Hamid, mengimbau pemudik yang pulang berlebaran untuk melakukan tes swab saat kembali ke tempat asalnya. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 dan menyelamatkan keluarga serta orang sekitar.

”Mobilisasi masyarakat tidak dapat kita batasi, bahkan jauh hari sebelum penyekatan di perbatasan, warga sudah duluan mudik. Karena itu kita imbau warga untuk melakukan tes swab terlebih dahulu dan melakukan isolasi mandiri hingga hasil tes swab keluar,” ujar Kadiskes, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan juga saat ini seluruh Puskesmas di Padang sudah membuka pelayanan tes swab pada Sabtu (15/5) yang dibuka dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

”Dua hari lebaran kemarin labor tutup, pelayanan tes swab juga tutup. Sabtu ini kita buka kembali,” ungkapnya.

Fermulyani memprediksi akan terjadi lonjakan kasus Covid-19 usai lebaran ini. Mobilitas warga yang cukup tinggi dan masih adanya warga yang abai dengan protokol kesehatan menjadi kekhawatiran tersendiri.

“Kita siapkan tenaga kesehatan mulai Senin (17/5). Selain itu, kita juga menyiapkan Rumah Nelayan di Koto Tangah dengan daya tamping 300 pasien sebagai tempat isolasi mandiri untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi, S.Pd, M. Si saat dihubungi menjelaskan belum melakukan swab dan rapid test terhadap civitas pendidikan usai liburan lebaran 2021.

“Jelang sekolah pasca liburan lebaran, kita belum melakukan swab dan rapid tes terhadap guru dan siswa. Untuk hal ini kita akan koordinasikan dengan pihak-pihak terkait,” pungkasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top