Menu

Mobil Pustaka Dongkrak Minat Baca

  Dibaca : 75 kali
Mobil Pustaka Dongkrak Minat Baca
PUSTAKA KELILING— Mobil Pustaka Dinas Arpus kunjungi puluhan sekokah dan Puskesmas untuk merangsang minat baca anak sekolah yang ada di Kabupaten Agam. (peri rahman/posmetro)

AGAM, METRO – Untuk meningkatkan minat baca dan membangun budaya literasi. pada anak-anak dan masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Agam mengoperasikan mobil pustaka, menyambangi puluhan Sekolah Dasar dan Puskesmas di daerah itu.

Kasi Layanan Perpuastakaan Dinas Arpus Agam, Suryani mengatakan, gudang ilmu tersebut sangat diperlukan agar literasi generasi penerus tetap menyala. Untuk itu, pihaknya gencar mengajak masyarakat agar gemar membaca.

“Salah satunya, dengan menghadirkan mobil pustaka untuk menjangkau masyarakat yang sulit mengakses perpustakaan. Kita berharap, kedepan tingkat minat baca pelajar semakin tinggi. Kita juga berharap keberadaan perpustakaan ini bisa menunjang sarana informasi bagi masyarakat,” katanya, Kamis (18/7)

Suryani menambahkan saat ini, sebanyak 32 Sekolah Dasar (SD) dan 19 Puskesmas di kecamatan yang ada di Kabupaten Agam telah melakukan perjanjian kerja dengan Dinas Arpus.

“Dijadwalkan kunjungan ke sekolah dan puskesmas tersebut, seminggu ke Agam bagian barat dan seminggu bagian timur. Semoga fasilitas ini bisa dimanfaatkan lebih maksimal oleh masyarakat. Kita juga meminta masukan kalau ada kekurangan dalam memberikan pelayanan,” ulasnya.

Suryani menuturkan pihaknya akan mengoptimalkan pengoperasian mobil perpustakaan keliling mendatangi sekolah-sekolah untuk mewajibkan membaca buku-buku. Sebab, membaca buku tentu manfaatnya luar biasa, selain menambah wawasan pengetahuan, keterampilan juga dapat membangkitkan inspirasi dari bacaan itu.

”Mobil perpustakaan keliling merupakan kegiatan jemput bola dengan mengunjungi langsung masyarakat. Kami akan menyosialisasikan wajib membaca buku itu kepada pelajar dan masyarakat. Kita juga memperbanyak koleksi buku-buku baik buku maupun judul buku tersebut,” katanya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional