Close

Mobil Ambulans Puskesmas Kabupaten Solok Terjun ke Jurang, 5 Nakes dan Sopir Selamat

MASUK JURANG— Kondisi mobil ambulans yang masuk jurang sedalam 30 meter Nagari Koto Laweh, Kecamatan IX Koto Sungai lasi, Kabupaten Solok.

Solok, METRO–Mobil ambulans Puskesmas milik Dinas Kesehatan Kabupaten Solok yang masuk ke dalam jurang sedalam 30 meter di kawasan Nagari Koto Laweh, Kecamatan IX Koto Sungai lasi, Kabupaten Solok, Rabu (9/2). Beruntung, lima tenaga kesehatan yang menjadi penumpang dan sopir ambulans selamat dari maut.

Diduga, mobil ambulans Toyota Hilux dengan nomor polisi BA 9908 HK yang dikemudikan oleh Angga Pramarta (34) mengalami gangguan mesin saat melewati jalan yang kondisinya menanjak. Tiba-tiba saja, mobil berhenti di tanjakan tersebut.

Namun, sopir turun dari mobil dan diduga lupa memasang rem tangan, sehingga mobil ambulans itu melaju mundur dan langsung meluncur ke jurang. Mobil itupun berguling-guling ke dalam jurang dan sempat tersangkut pohon sawit di bibir jurang. Saat tersangkut itulah, para nakes menyelamatkan diri ke luar dari mobil.

Kepala Puskesmas IX Koto Sungai Lasi Ali Amran mengatakan, ambulans yang kecelakaan berjenis minibus Hilux bepelat nomor BA 9908 HK. Tidak ada korban jiwa dalam persitiwa tersebut namun tapi kondisi mobil rusak berat

”Tadi kami baru balik dari vaksinasi anak sekolah kemudian mengalami kecelakaan. Ambulans jatuh ke jurang sedalam 30 meter. Ambulans kondisinya sangat paarah. Seluruh penumpang dan sopir selamat,” katanya, Rabu (9/2).

Sementara, Kapolsek IX Koto Sungai Lasi, AKP Nafris membenarkan bahwa lima tenaga kesehatan dan sopir ambulans selamat dari kecelaakaan tersebut. Mereka sempat keluar dari dalam ambulans saat mobil masuk jurang.

“Sebelum jatuh mobil tersangkut. Saat itu penumpang dan sopir langsung keluar untuk menyelamatkan diri. Kecelakaan yang dialami ambulans bernopol BA 9906 HK itu karena melewati jalan yang cukup ekstrem dengan kondisi curam dan berlobang,” jelas AKP Nafris.

Terpisah, Kasatlantas Polres Solok Kota, AKP M Sugindo mengatakan, kecelakaan tunggal itu terjadi karena mobil tiba-tiba mengalami kerusakan dan berhenti di tanjakan. Karena mobil rusak, sopir dan penumpang kemudian turun dari mobil untuk memeriksa kondisi mobil.

“Saat turun dari mobil, kuat dugaan pengemudi lupa menarik rem tangan. Sehingga mobil tiba tiba berjalan mundur dan meluncur ke dalam jurang sedalam 30 meter. Mobil mengalami kerusakan parah. Mobil sempat beberapa kali terbalik dan tersangkut di pohon sawit. Saat ini mobil ambulans itu itu sudah dievakuasi dan kini sudah diamankan,” tutupnya. (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top