Menu

Minta Tumpangan, Pria Asal Jambi Begal Motor Pelajar

  Dibaca : 171 kali
Minta Tumpangan, Pria Asal Jambi Begal Motor Pelajar
BEGAL— Kasat Reskrim Polres Dharmasraya, AKP Suyanto dan jajaran menangkap tersangka MF (30) yang nyaris saja membegal seorang pelajar.

DHARMASRAYA, METRO
Modus meminta bantuan untuk diberikan tumpangan, pria asal Jambi ini nekad mencekik dan mendorong pemilik motor yang telah menolongnya hingga masuk parit. Namun, niat MF (30) untuk membegal sepeda motor akhirnya gagal setelah korban berhasil menarik motor dan meminta bantuan warga sekitar.

Kejadian naas itu berlangsung pada Senin (27/7) sekira pukul 18.20 WIB di Jalan Lintas Sumatera KM 201, Nagari Gunung Medan,  Kecamatan Sitiung. Mendengar korban berteriak, warga pun berdatangan ke lokasi, sedangkan pelaku MF berusaha melarikan diri ke dalam semak-semak. Korban pun langsung melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polres Dharmasraya.

Tak lama berselang, Tim Opsnal Satreskrim Polres Dharmasraya datang ke lokasi melakukan pencarian terhadap MF yang merupakan warga Dusun Teluk Singkawang Kecamatan Sumay, Kabupaten Tebo, Jambi.. Alhasil, beberapa jam pencarian, pelaku MF pun berhasil ditangkap ketika bersembunyi di dalam semak di sekitar lokasi kejadian. Setelah itu, pelaku dibawa ke Mapolres untuk pengusutan lebih lanjut.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah, didampingi Kasat Reskrim Polres setempat, AKP Suyanto mengatakan, modus operandi pelaku pada mulanya meminta diantarkan ke kawasan Simpang IV Gunung Medan. Saat itu, korban Fadli (15) yang masih pelajar, sedang berkumpul bersama teman-temannya di depan Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) Umega Gunung Medan.

“Korban bersedia mengantarkan pelaku, namun ketika sampai ditujuan awal, pelaku kembali meminta diantarkan ke tempat lain. Kemungkinan, pelaku berusaha mencari lokasi yang sepi untuk menjalankan aksi kejahatannya,” ungkap AKBP Aditya, Selasa (28/7).

AKBP Aditya menambahkan, sesampainya di lokasi yang diminta, ternyata pelaku  mengganti lokasi yang diminta pelaku sebelumnya. Disaat suasana jalan mulai sepi, pelaku berusaha mencekik leher korban dari belakang hingga laju sepeda motor yang dikendarai korban tidak terkendali dan akhirnya terjatuh.

“Saat kendaraan jatuh, pelaku segera berdiri dan berusaha mendorong korban ke sebuah parit tak jauh dari lokasi tersebut, serta mencoba membawa kabur sepeda motor milik korban. Ketika itu, korban berusaha melawan dengan menarik kembali sepeda motor miliknya sambil berteriak minta tolong,” jelas AKBP Aditya.

Karena korban melakukan perlawanan, dikatakan AKBP Aditya, tersangka mencoba kabur dengan cara lari ke semak-semak. Sesaat setelah menerima informasi adanya perampasan motor dengan kekerasan, pihaknya langsung bergerak cepat ke tempat kejadian perkara (TKP) bersama masyarakat setempat. Tidak berselang lama, petugas  berhasil menangkap pelaku dan saat ini sudah ditahan bersama barang bukti sepeda motor milik korban.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi kejahatan dengan modus seperti ini. Apabila  mengetahui atau memiliki informasi tentang adanya gerak gerik mencurigakan dari seseorang, agar segera melaporkannya ke pihak berwajib untuk ditindaklanjuti,” pungkasnya. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional