Menu

Minimalisir Korban, Kesiapsiagaan Warga Diperlukan

  Dibaca : 105 kali
Minimalisir Korban, Kesiapsiagaan Warga Diperlukan
PERIKSA PASUKAN— Pjs Wali Kota Solok Asben Hendri memeriksa pasukan saat apel kesiapsiagaan bencana alam di Lapangan Merdeka Kota Solok.

SOLOK, METRO
Secara geografis, Kota Solok termasuk daerah yang tidak terlepas dari beragam potensi bencana alam. Mulai dari tanah longsor, banjir, puting beliung hingga gempa bumi dan bentuk lainnya. “ Jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam dapat ditekan seminim mungkin dengan kesiapsiagaan dan kesadaran masyarakat dalam meminimalisir dampak fatal dari bencana alam,” kata Pjs Walikota Solok Asben Hendri saat apel kegiatan kesiapsiagaan bencana alam di lapangan Merdeka Kota Solok, kemarin.

Untuk itu, lanjutnya, tidak hanya petugas dari BPBD kota Solok , masyarakat juga perlu diberikan pemahaman terkait potensi bencana dan tindakan yang harus dilakukan jika terjadi bencana. Misalnya saja, masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran Batang Lembang, perlu dibekali dengan kesiapsiagaan terhadap bencana banjir. Apalagi, potensi banjir hampir selalu ada setiap tahunnya.

Diakuinya, berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengurai akar persoalan banjir di kota Solok dengan melakukan normalisasi Batang Lembang, namaun, hal itu butuh waktu dan proses panjang. “Program-program peningkatan kesadaran masyarakat terhadap bahaya dan ancaman bencana serta tindakan pencegahan perlu dimasifkan, agar dampak bencana bisa ditekan seminimal mungkin,” kata Asben.

Sinergi kuat antara petugas kebencanaan dan stakeholder terkait juga menjadi kunci dalam pencegahan, penanganan dan rehab rekon bencana. Tugas tersebut tidak hanya menjadi tanggungjawab BPBD, tapi tanggungjawab bersama.

Pihaknya berpesan, agar seluruh personil kebencanaan melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab. Tentunya tugas yang diemban sangat mulia. “Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan tugas dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat merespon secara cepat dan tepat apabila terjadi bencana,” kata Asben.

Ia mengingatkan agar lebih mengedepankan kerja sama yang baik dan harmonis dengan instansi terkait serta seluruh elemen masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.”Selain itu, senantiasa menjaga keselamatan diri dalam bertugas karena keluarga kita telah menunggu di rumah,” kata Asben.

Kemudian, seluruh pihak terkait agar bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan. Semoga bencana alam tidak terjadi di Kota Solok khususnya dalam musim hujan saat ini.

Asben menginstruksikan, agar seluruh personil melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan tugas dalam melaksanakan tugas, sehingga dapat merespon secara cepat dan tepat apabila terjadi bencana.

“Pelihara kondisi fisik dan mental, sehingga bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun. Persiapkan dengan baik seluruh peralatan, sarana dan prasarana yang akan digunakan untuk mendukung kelancaran dan keberhasilan dalam menghadapi bencana,” ujarnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional