Menu

Minimalisir Dampak Ekonomi Akibat Covid-19

  Dibaca : 168 kali
Minimalisir Dampak Ekonomi Akibat Covid-19
Albert Hendra Lukman

PADANG, METRO
Ketua Fraksi PDIP-PKB, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Albert Hendra Lukman meminta masyarakat untuk meningkatkan kepedulian dalam menanggulangi dampak ekonomi yang ditimbulkan dari upaya pemutusan mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19).

“Masyarakat diharapkan, jangan semua urusan diserahkan penuh terhadap pemerintah dalam hal penanggulangan ekonomi. Rasa kebersamaan harus dibangun di tengah masyarakat. Tingkatkan kepedulian antar sesama dan saling tolong menolong,” ungkap Albert Hendra Lukman.

Albert mengatakan, sangat memahami kondisi masyarakat saat ini. Bahkan sejak diberlakukan bekerja dan belajar dari rumah, tentu sangat mempengaruhi pendapatan masyarakat. Terutama bagi mereka yang berpenghasilan harian.

“Untuk mereka yang memiliki penghasilan tetap bulanan, hendaknya memperhatikan sesama. Khususnya bagi mereka yang berpenghasilan harian yang terdampak akibat upaya meminimalisir penyebaran Virus Corona. Berikanlah perhatian atau bantuan yang bisa meringankan beban,” katanya.

Menurutnya, merebaknnya ancaman Covid-19, bukan hanya menghantui Indonesia namun juga dunia.  Karena itu, kesadaran untuk menjaga keselamatan mesti dumulai dari diri sendiri.

Mereka yang masih bekerja di luar rumah perlu juga diingatkan. Khusus bagi pengususaha diharapkan jangan mempersulit keadaan dengan mengambil keuntungan dalam masa sulit saat ini.

Dalam upaya pencegahan, mesti dilakukan sinergi antara masyarakat dan pemerintah. Jika ada kebijakan untuk keselamatan masyarakat, maka harus dipatuhi. “ Setiap kebijakan yang diambil harus efektif terhadap daerah,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Sumbar Fraksi Gerindra Hidayat mengatakan semenjak pemerintah mengajurkan untuk melakukan aktivitas di rumah. Banyak pangaduan masuk karena dampak yang ditimbulkan.

“ Pemerintah Provinsi mesti mencarikan solusi bagi mereka yang berpenghasilan harian, cotohnya mereka yang berpropesi sebagai pengendara ojek online, atau mereka yang bergerak pada UMKM,” katanya.

DPRD mengapresiasi langkah tanggap Pemprov dalam mencegah penyebaran Covid-19. Namun pemerintan juga harus melakukan langkah strategi untuk menyelamatkan ekonomi.

Dia meminta ada alokasikan anggaran dalam bentuk bantuan tunai langsung. Agar ekonomi masyarakat tetap tertanggulangi. Jika bantuan bisa direalisasikan, kerisauan terhadap dampak ekonomi bisa diminimalisir. (hsb)a

Editor:
Tags
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Iklan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional