Menu

Minggu, Car Free Day Ditiadakan

  Dibaca : 108 kali
Minggu, Car Free Day Ditiadakan
Ilustrasi Car Free Day

KHATIB, METRO – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar meminta Pemko Padang untuk meniadakan hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Khatib Sulaiman. CFD ditiadakan karena masih dilakukan pengerjaan jembatan Juanda, dan menyebabkan pengalihan seluruh kendaraan ke ruas Jalan Khatib.

Kepala Dispora Sumbar Bustavidia didampingi Kabid Olahraga Rasydi Sumetry mengatakan, Dispora sedang dibuat surat edaran kepada Wali Kota Padang dan Sekda Provinsi tentang peniadaan CFD untuk Minggu (13/10).

“Karena, satu-satunya jalur alternatif kendaraan sejak pengerjaan jembatan di Juanda, ya di Khatib Sulaiman. Semua kendaraan melewati jalan protokol itu, tentu terpaksa CFD dihentikan dulu,” ulas Bustavidia, Jumat (11/10).

Jika CFD tetap dilakukan, tentu tidak ada jalur alternatif lain yang bisa dilakukan. Kalau dipaksa, kendaraan harus masuk ke kawasan Lapai menuju Gunung Pangilun.

“Tidak ada jalan lain, ya jalur Khatib harus dibuka, tak bisa ditutup meski hanya beberapa jam untuk CFD,” tambahnya.

Dia menambahkan, kemungkinan CFD hanya ditiadakan untuk Minggu (13/10). Karena informasi dari pelaksana pengerjaan jembatan, saat ini tengah dilakukan pemasangan bantalan beton. Diperkirakan, untuk dua pekan berikutnya, Jalan S Parman bisa dibuka, meski hanya setengah.

“Mudah-mudahan Minggu depan lagi CFD bisa kembali kita laksanakan untuk kegiatan CFD,” ujarnya

Diketahui, penutupan jalan mulai diberlakukan sejak Rabu pagi dan dilakukan pengalihan arus jalan. Bagi pengendara yang datang dari arah Pasar Raya menuju Tabing, dialihkan di Simpang Jalan Raden Saleh menuju Jalan Khatib Sulaiman, sedangkan yang datang dari arah Tabing dialihkan di Simpang DPRD Sumbar menuju Jalan Khatib Sulaiman.

Pengalihan arus ke Jalan Khatib Sulaiman dimaksudkan untuk memastikan mobilitas masyarakat tidak terputus. Tidak hanya kendaraan pribadi, arus kendaraan umum seperti angkot juga dialihkan.

Dampak dari penutupan serta pengalihan jalan tersebut, kondisi lalu lintas di Jalan Khatib Sulaiman tampak padat. Namun, penutupan total hanya dilakukan di lokasi pengerjaan. Kendaraan tetap bisa melewati Jalan S. Parman dari arah Tabing menuju Lolong.

Sementara itu, dari pantauan dilapangan masih terlihat kemacetan kendaraan broda empat dan roda dua padat meratap pada jam pulang kantor, seperti d titik diruas jalan Khatib Sulaiman dan simpang lampu merah Presiden dan di depan putar di di depan Pengadilan Negeri (PN) Padang. (cr1)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional