Menu

Minang Bersatu Dirikan Posko Bantuan Penanganan Covid-19 di Sumbar

  Dibaca : 127 kali
Minang Bersatu Dirikan Posko Bantuan Penanganan Covid-19 di Sumbar
POSKO BANTUAN— Ketua Relawan Minang Bersatu, Baskoro saat melaunching posko bantuan penanganan Covid-19 yang berada di kawasan Gunung Panggilun, Kamis (8/7).

GN.PANGILUN, METRO–Relawan Minang Bersatu membuat gebrakan dengan mendirikan posko bantuan penanganan Covid-19 di Sumbar. Posko dengan tagar “Bersama Untuk Warga” ini berlokasi di kawasan Gunung Pangilun.

Ketua Relawan Minang Bersatu, Baskoro mengatakan, pendirian posko bertujuan untuk melawan Covid-19 yang semakin masif. Apalagi, data terakhir Sumbar menjadi zona merah yang artinya kasus positif Covid-19 semakin meningkat.

Penanganan untuk me­ng­hentikan penye­ba­ran, kata Baskoro, mem­butuh­kan sinergitas semua ka­langan. Pemerintah ber­sama masyarakat haruslah bersatu dan saling men­du­kung.

“Tanpa sinergitas tentu sulit menekan berkem­bang­nya Covid-19,” ka­ta Baskoro usai melaunching Posko Bantuan Penanga­nan Covid-19, Kamis (8/7).

Baskoro meng­ungkap­kan, melihat fenomena yang semakin mengkha­watirkan itu, sehingga pi­hak­nya membuat ge­bra­kan dengan mendirikan pos­ko bantuan penanga­nan Covid-19.

“Melihat perkem­ba­ngan di Pulau Jawa dan Bali setelah ditetapkan PPKM, tidak menutup kemung­kinan paparan Covid-19 juga akan menyerang Sum­­bar seperti yang di Pulau Jawa. Oleh karena itu, saya sebagai ketua posko relawan tergerak untuk membangkitkan ke­ber­samaan masyarakat di Sumbar dalam rangka me­la­wan Covid-19,” sam­bung Baskoro.

Ia menyebutkan, kebe­radaan posko bantuan pe­nanga­nan covid-19 setidak­nya bertujuan untuk dua esensi mendasar. Per­ta­ma, meningkatkan kembali 3T (testing, tracing dan treatment).

“Yang kedua mema­sif­kan vaksinasi seusai ara­han pemerintah pusat, khu­­susnya Presiden Joko­wi dimana ada target jum­lah vaksinasi yang harus dicapai,” jelasnya.

Terkait dengan 3T, kata dia, Relawan Minang Ber­satu menilai hal tersebut merupakan hal yang uta­ma. “Kita harus kembali menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat di seluruh Sumbar baik di kota maupun kabupaten memasifkan kembali 3T,” tuturnya.

Selain itu, Relawan Mi­nang Bersatu juga akan men­dorong di forum For­ko­pim­da baik tingkat pro­vinsi maupun kabupaten dan kota untuk melakukan atau menerapkan PPKM sesuai porsi kewilayahan.

“Harapan ke depan pe­nye­baran covid-19 dapat ditumpas secara bersama sama. Dengan adanya pos­­ko, masyarakat bisa me­­nyam­paikan penga­duan dengan cepat seh­ing­ga dapat diambil langkah. Setiap hari anggota posko siap menerima pengaduan dari masyarakat,” ucap­nya.

Para relawan yang ada di posko telah disiapkan. Mereka telah dilatih. Untuk perkembangan ke depan, Relawan Minang Bersatu akan mengakomodir apa­bila ada relawan dari or­mas-ormas atau lembaga lain yang bisa bekerja sa­ma. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional