Close

MHQ ke-1 Agam Ditabuh, Upaya Lahirkan Generasi Beriman dan Bertaqwa

PEMBUKAAN MHQ I— Bupati Agam, Dr H Andri Warman membuka secara resmi MHQ ke-1, di lapangan bola Parik Putuih, Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (24/11).

AMPEK ANGKEK, METRO–Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) ke-1 tingkat rumah tahfiz se-Kabupaten Agam ditabuh. MHQ perdana ini dibuka Bupati Agam, Dr H Andri Warman di lapangan bola Parik Putuih, Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (24/11).

“Ini bagian dari peningkatan SDM yang kita programkan, untuk menjadikan generasi lebih berkualitas,” ujar Bupati Andri Warman.

Dikatakan, ada tiga sektor peningkatan SDM yang diprogramkan seperti bidang agama, adat istiadat dan bahasa Internasional yaitu bahasa Inggris.

“Nah, kini kita buktikan di bidang agama dengan meng­gelar MHQ. Kategori dilombakan yaitu juz 3, juz 5 dan juz 7, dengan jumlah 501 peserta,” ujarnya.

Ia menyebutkan, tahap awal ini digelar untuk tiga kategori, ditargetkan MHQ ini sampai kategori juz 30.

Kegiatan ini katanya akan jadi agenda tahunan Pemkab Agam, untuk meningkatkan kemampuan generasi dalam membaca dan menghafal Al-Quran.

“Selama ini santri TPA/MDA setelah dikhatam tidak ada tindaklanjutnya, kini mereka didorong masuk rumah tahfiz dalam meningkatkan kemampuan,” sebut bupati.

Bupati akrab disapa AWR ini menjelaskan, kekinian rumah tahfiz di Agam sudah hampir 300 dari 1.000 yang ditargetkan.

Dengan begitu, ia berharap dengan digelarnya MHQ ini, rumah tahfiz akan lebih meningkat di Kabupaten Agam.

“Jika kehidupan didasari dengan Al-Quran, maka kita yakin upaya ini bisa lahirkan generasi yang handal, beriman dan bertaqwa,” kata AWR.

Camat Ampek Angkek, Ekko Espito selaku panitia mengaku bangga MHQ perdana yang digelar Pemkab Agam ini, dilaksanakan di Kecamatan Ampek Angkek.

“Ini kebanggaan luar biasa bagi kita, karena lantunan ayat suci Al-Quran bergema di Ampek Angkek,” katanya.

Ia berharap, kegiatan ini jadi motivasi bagi masyarakat da­lam mendidik anaknya membaca dan menghafal Al-Quran, sehingga ke depan kehidupan lebih baik bisa dicapai. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top