40 SMA dan MA Berkompetisi ke IAIN Batusangkar

TANAHDATAR, METRO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus menggencarkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 untuk jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN). Sosialisasi kali ini di laksanakan di perguruan tinggi Islam negeri tersebut, melibatkan 40 sekolah tingkat SMA dan Madrasyah Aliyah Negeri Maupun Swasta, yang berasal dari Tanahdatar.
Sebelumnya, 42 SMA dan MA se- Pasaman Barat menyatakan kesiapan untuk mendaftarkan siswanya ke IAIN Batusangkar minggu lalu, kini giliran SMA dan MA se Tanahdatar. Ke 40 sekolah tersebut antusias menyiapkan peserta didiknya untuk bersaing memperebutkan kursi ke IAIN Batusangkar.
“Keterlibatan semua pihak termasuk pihak sekolah, akan mempercepat pengembangan perguruan tinggi ini di Sumatera Barat,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Batusangkar Desmita, Kamis (7/2).
Desmita mengajak, semua guru BK dan operator PDSS masing-masing sekolah untuk bisa mendaftarkan siswanya melalui SPAN PTKIN, maka kami pihak perguruan tinggi yang berada di Tanahdatar siap menerima siswa-siswa yang berpotensi l di Jalur SPAN PTKIN ini.
IAIN Batusangkar akan menargetkan jumlah penerimaan mahasiswa baru yang lulus seleksi tiga jalur tersebut sebanyak 2.400 orang, dengan tarket sebanyak itu pihak perguruan sudah siap memanjakan mahasiswa yang akan mengenyam pendidikan di IAIN Batusangkar, seperti Beasisiwa, fasilitas-fasilitas perkulihan, labor-labor yang akan menujang pendidikan di IAIN Batusangkar.
Ketua Panitia SPAN, UM-PTKIN dan Mandiri, Dr. Sirajul Munir, M.Pd menerangkan, sosialisasi yang sama telah dilakukan di beberapa tempat, seperti minggu lalu di Pasbar, sekarang di Tanahdatar, selanjutnya kami panitia akan melakukan kegiatan yang sama di Dharmasraya dan insyaallah sampai ke Inhil Provinsi Riau.
“Kami memberi ruang buat bapak ibu yang hadir hari ini untuk memasukan sisiwa-siswanya ke IAIN Batusangkar.IAIN Batusangkar telah menciptakan lulusan perguruan tinggi agama yang tak kalah saing dengan alumni perguruan tinggi lainnya, ini di buktikan pada tahun 2018 kemaren banyaknya alumni IAIN Batusangkar yang lulus CPNS,” kata Munir.
Ketua MKKS Tanahdatar Elfan menargetkan pada tahun ini semua lulusan SMA bisa melanjutkan pendidikan keperguruan  tinggi, ini akan selaras dengan Misi Tanahdatar dalam bidang peningkatan SDM. Salah satu peserta kegiatan sosialisasi mengatakan, rasa senang dan bangganya dengan kegiatan sosialisasi ini.
”kami sangat senang kegiatan yang di adakan oleh IAIN Batusangkar, kerena dengan kegiatan seperti ini kami bisa tau perkembangan perguruan tinggi, salah satunya IAIN Batusangkar,” katanya. (ant)

Exit mobile version