Bidik Mahasiwa Baru, IAIN Batusangkar Sosialisasi ke Daerah

TANAHDATAR, METRO – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar siap menerima calon Mahasiswa baru. Dengan itu IAIN Batusangkar telah mengawali dengan dilakukannya sosialisasi jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2019 di berbagai daerah, kali ini untuk wilayah Pasaman Barat, Rabu (30/01).
Dengan diikuti kepala sekolah, guru bimbingan konseling (BK) MA, SMA, MAK dan SMK, serta operator sekolah se-Pasaman Barat. Sosialisasi ini ditujukan untuk membuka peluang seluas-luasnya bagi semua kalangan, dalam mendapatkan pendidikan di perguruan tinggi agama melalui berbagai program beasiswa, yang ada di IAIN Batusangkar tersebut.
Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2019 IAIN Batusangkar Dr Sirajul Munir M Pd mengatakan, sebanyak 40 SMA, MA, MAK dan SMK se-Pasaman Barat siap berkompetisi untuk masuk ke IAIN Batusangkar.
Dikatakan ada beberapa keunggulan di IAIN Batusangkar, kampus asri dan nyaman, Prodi terakreditasi A Terbanyak di PTKIN Sumatera Barat, memiliki native speaker (Mesir), mempunyai Mahasiswa Luar Negeri, PPL dan Magang Internasional dan Integrasi keilmuan yang menghuni.
“Kegiatan yang kita kemas dalam bentuk Mensosialisasikan “Ayoo Kuliah di IAIN Batusangkar” dan kita sebagai penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi untuk memberikan informasi kepada siswa yang lulus dari Satuan Pendidikan MA, SMA, MAK dan SMK, seluas-luasnya Melalui kepala sekolah dan guru bimbingan konseling se-Pasbar,” ucap Sirajul.
Lebih lanjut Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengatakan proses pendafataran jalur SPAN PTKIN Pengisian dan Verifikasi PDSS di mulai tanggal 23 Januari – 28 Pebruari 2019. Daftar program studi dan daya tampung SPAN PTKIN dapat dilihat pada laman http://www.span-ptkin.ac.id.
Sementara proses pembukaan pendaftaran jalur UM PTKIN, dimulai tanggal 02-29 April 2019, pelaksanaan ujian tulis pada tanggal 28 Mei 2019, dapat dilihat pada laman http://www.um-ptkin.ac.id. Sementara itu jalur mandiri pendaftaran di mulai pada tanggal 10 juni s/d 13 juli 2019, dan pelaksanaan ujian pada tanggal 16-18 juli 2019. dapat dilihat di laman http://www.pmb.iainbatusangkar.ac.id.” tutur Sirajul.
Salah satu peserta kegiatan sosialisasi mengatakan, sangat senang kegiatan yang di adakan oleh IAIN Batusangkar, kerena dengan kegiatan seperti ini kami bisa tau perkembangan-perkembangan perguruan tinggi.
“Ya seperti IAIN Batusangkar” ini sangat membantu pekerjaan kami di sekolah dalam mengentrikan data siswa yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, Harapan saya kedepannya kegiatan yang di gagas oleh IAIN Batusangkar, tiap tahun adanya,” ujar Silvi.
Sementara, Rektor IAIN Batusangkar Dr H Kasmuri MA menjelaskan, IAIN Batusangkar menyediakan 2.400 kursi mahasiswa pada tahun 2019. Jumlah itu untuk tiga jalur masuk ke IAIN Batusangkar, dengan SPAN PTKIN, UM PTKIN dan Jalur Masuk Mandiri. (ant)

Exit mobile version