Sukseskan Pilkada di Kabupaten Solok, KPU Libatkan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda

SOLOK, METRO–Guna menyukseskan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Solok, KPU Kabupaten Solok libatkan organisasi kemasyarakatan pemuda. Dalam agenda sosialisasi pendidikan pemilih bersama GMNI dan HMI Solok Raya, diharapkan peran aktif kaum milinial dalam menyukseskan Pilkada dapat terujud.

Komisioner KPU Kabupaten Solok, Desva Wandri mengatakan, peran aktif generasi muda dalam me­ngawal dan menyukseskan Pilkada sangat penting. Untuk itu melalui kegiatan ini juga disampaikan ta­hapan Pilkada yang sudah berjalan maupun yang akan berjalan.

“Melalui kegiatan ini seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih agar dapat menggunakan haknya. Dan melalui mahasiswa yang tergabung dalam berbagai organisasi kemahasiswaan dapat mensosia­lisasikan kepada masya­rakat,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga dihadirkan nara sumber dari tim pemeriksa daerah DKPP, Muhammad Taufik. Dia membawa tema peran organisasi kepemudaan dan mahasiswa dalam meng­hadapi Pilkada 2024.

Dari pandangannya, pro­ses Pemilu merupakan proses transisi kekuasaan. Disini peran generasi mu­da sangat strategis karena me­nyangkut masa depan ma­syarakat dan daerah li­ma tahun kedepan. “Seti­daknya generasi muda dapat mengawal jalannya Pil­ka­da agar tidak melanggar aturan. Sikap kritis pemuda dan mahasiswa sangat diperlukan dalam hal ini,” ujarnya.

Mahasiswa dan generasi muda juga harus paham terhadap potensi konflik dan pelanggaran hukum. Dan disini perlu ketajaman analissis sehingga proses Pilkada berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan menghasilkan pe­mimpin yang berkualitas. (vko)

 

Exit mobile version