Dikelola oleh TP-PKK, TPA Belaian Bunda Berikan Pelayanan Terbaik

NYAMAN— Terlihat Tempat Pengasuhan Anak (TPA) Belaian Bunda yang dikelola oleh TP-PKK Kota Solok sangat nyaman dalam pelayanan.

SOLOK, METRO–Tempat Pengasuhan Anak (TPA) Belaian Bunda yang dikelola oleh TP-PKK Kota Solok dapat lebih memberikan pelayanan dan pendampingan yang terbaik untuk orangtua dan anak-anak di lingkungan Balai Kota Solok. Hal ini tidak lepas dari Akreditasi “B” yang diperoleh TPA Belaian Bunda setelah dilakukan penilaian oleh tim asesor BAN – PDM Sumbar.

Akreditasi ini diketahui berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BAN – PDM) tahap III tahun 2024 pada tanggal 1 Oktober 2024. Hasil penetapan Akreditasi ini berlaku selama lima tahun sampai tanggal 31 Desember 2029.

Ketua TP- PKK Kota Solok, Ny. Hj. Zulmiyetti Zul Elfian mengatakan terkait atas capaian akreditasi ini sehingga TPA Belaian Bunda memiliki nilai kepercayaan lebih sebagai lembaga pendidikan anak usia dini.

“Akreditasi ini bukan hanya sebatas penilaian formal belaka, tapi juga sebagai tolak ukur kualitas yang dapat membantu TPA yang telah beroperasi sejak tahun 2008 ini dalam melakukan peningkatan mutu secara berkelanjutan,” kata Ny. Zulmiyetti.

Tidak hanya itu, lanjutnya, pencapaian ini juga menjadi motivasi bagi lem­ba­ga PAUD lainnya di Kota Solok khususnya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak. Akreditasi merupakan proses penilaian eksternal yang dilakukan oleh BAN-PDM terhadap lembaga PAUD (TK/RA/KB/TPA/SPS) berdasarkan berbagai kriteria dan standar yang telah ditetapkan.

Kepala Satuan TPA Belaian Bunda, Yessi Rosaria, S.Pd mengatakan, akreditasi yang diraih TPA Belaian Bunda berdasarkan sejumlah standar dan kriteria yang sudah terpenuhi, seperti kualitas kurikulum, kompetensi pendidik, lingkungan belajar yang kondusif, serta manajemen lembaga yang efektif dan efisien.

TPA Belaian Bunda yang berlokasi tepat di sebelah Mushala Balai Kota saat ini mengasuh sebanyak 21 orang anak yang terdiri atas TPA hingga usia 0 – 3 tahun dan kelompok bermain usia 3 – 5 tahun dan. Yessi Rosaria sebagai kepala satuan dibantu oleh empat orang staf pendidik yang bertugas mulai pukul 07.00 s/d 17.00.

Tersedia fasilitas ruangan ASI, tempat tidur anak, kitchen, toilet, pendingin ruangan, freezer makanan, alat permainan edukasi (APE) serta arena permainan luar ruangan yang cukup lengkap dan aman.

“Keberadaan TPA di ling­kungan Balai Kota sangat membantu dan dibutuhkan oleh ASN yang kesulitan dalam mengasuh Balita pada saat jam kerja. TPA memberikan pelayanan tam­bahan, dua orang tenaga guru kami bisa mengasuh sementara di rumahnya selepas jam operasional, menunggu orangtua anak asuh menjemput selesai tugas atau dari keperluan dinas,” ungkapnya.  (vko)

Exit mobile version