Wako Zul Elfian: Pertumbuhan UKM dan IKM Signifikan di Kota Solok

BUNGKUS—Packaging (material yang membungkus produk), sudah mulai banyak produk UKM dan IKM Kota Solok mulai berbenah.

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok, Zul Elfian mengungkapkan, pertumbuhan Usaha Kecil Me­nengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Solok menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Kota Solok dinilai memiliki potensi yang besar untuk mendorong sektor UKM dan IKM sebagai salah satu pilar ekonomi lokal. Dalam merespon pertumbuhan itu, Pemko Solok terus melakukan kegiatan pembinaan UKM dan IKM terkait progres usaha yang mereka jalani.

Zul Elfian meminta kepada pelaku usaha dan dinas terkait pentingnya lang­kah promosi menggunakan sosial media dan inovasi kemasan produk yang akan menarik konsumen.

“Melihat perkembangan zaman sekarang sangatlah cepat dengan menggunakan teknologi internet, kita juga bisa mengakses pasar lebih luas, bertemu dengan costumer berbagai daerah dan juga penjuru dunia apabila menggu­nakan dan memanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sangat disayangkan jika produk Kota Solok yang memiliki kualitas dan ciri khas dikenal oleh konsu­men,” ujarnya.

Disebutkan Zul Elfian, bahwa pelaku usaha agar melakukan promosi melalui media sosial. Apabila ada yang kurang paham atau tidak mengerti, Pemko melalui dinas terkait akan membantu.

“Sebab banyak sosial media Pemerintah Kota So­lok yang akan mempromosikan, contohnya dari aplikasi UMKM Manjua, Instagram @dpkukm_so­lok­kota, bahkan akun pribadi saya sendiri baik itu Facebook maupun Instagram, bapak/ibu cukup tag kepada saya nanti akan di-repost,” ujarnya.

Dia juga menambahkan terkait dengan packaging (material yang membungkus produk), sudah mulai banyak produk UKM dan IKM Kota Solok mulai berbenah tapi masih ada beberapa kendala terkait harga dari packaging ma­sih terbilang cukup tinggi.

“Packaging yang kita miliki juga telah memiliki perkembangan dengan ru­pa yang menarik dan rapi, saya juga mengetahui harga kemasan juga tidaklah murah, permasalahan ini akan kita carikan solusi,” ungkapnya. (vko)

Exit mobile version