Puskesmas Nan Balimo Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Petugas DLH

PEMERIKSAAN—Terlihat beerapa orang petugas Puskesmas Nan Balimo sedang melakukan pemeriksaan kesehatan petugas DLH Kota Solok.

 

SOLOK, METRO–Puskesmas Nan Balimo meng­ggelar sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan terhadap petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok. Langkah ini sebagai upaya deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) di Dinas Lingku­ngan Hidup (DLH) Kota Solok,

Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pegawai DLH akan penting­nya menjaga kesehatan dan men­cegah penyakit tidak menular sejak dini.

Irma Handayani, petugas kesehatan menjelaskan beberapa jenis penyakit tidak menular yang umum dijumpai. Seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung dan stroke.

Ia menekankan  meskipun penyakit ini tidak langsung menular dari satu individu ke individu lain, gaya hidup tidak sehat se­perti pola makan tidak seimbang, ku­rang olahraga, dan stres berlebih dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit tersebut.

Setelah dilakukannya cek kesehatan, diketahui rata-rata pegawai DLH berbadan sehat. Namun hasil pemeriksaan juga me­nunjukkan beberapa pegawai memiliki kolesterol tinggi, karena kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat (memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi), kurang berolahraga atau beraktivitas, serta kebiasaan merokok.

“Salah satu langkah paling penting adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini, mel­akukan pola hidup sehat, seperti rajin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan menghindari kebiasaan buruk seperti merokok yang sangat berpengaruh dalam mencegah penyakit tidak menular,” jelas dr. Irma.

Perlu diketahui bersama bahwa penyakit tidak menular ini berisiko tinggi menimbulkan kematian mendadak seperti jantung koroner atau angin duduk. Selain memberikan informasi mengenai penyebab dan gejala penyakit tidak menular, kegiatan ini juga menyertakan sesi tanya jawab antara pegawai dan narasumber.

Banyak pegawai yang antusias bertanya mengenai cara menjaga kesehatan, mengatur pola makan yang seimbang, serta cara mengatasi stres agar terhindar dari risiko penyakit tidak menular. (vko)

Exit mobile version