Kelola Sampah secara Maksimal, 40 Orang Personel Goro di TPA

GORO—Terlihat petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok saat melakukan pembersihan TPA Regional.

SOLOK, METRO–Dinas Lingkungan Hi­dup Kota Solok mengerahkan 40 personel Pasukan Kuning pada Gotong Royong (Goro) di TPA Regional. Kegiatan ini dilaksanakan agar sampah di TPA terkelola secara maksimal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok, Ed­rizal, mengatakan melalui Pengawas Lapangan pihaknya telah mengerahkan 40 orang petugas kebersihan mulai dari taman rongsokan hingga TPA Regional, yang merupakan salah satu titik pantau Adipura 2024.

Edrizal juga mengatakan pihaknya telah mela­kukan serangkaian pembenahan, pembersihan dan penataan menghadapi penilaian Adipura tahun ini.

“Terlepas adanya penilaian Adipura tahun ini, kita Dinas Lingkungan Hi­dup selalu memberikan upaya terbaik dalam menjaga dan merawat kebersihan Kota Solok secara rutin. Petugas kita selalu terjun dan ikut menjaga kein­dahan kota. Namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya kita juga berharap men­dapatkan kembali penghargaan Adipura untuk tahun ini. Maka dari itu kami dalam pemantauan juga melakukan sedikit pembenahan pada beberapa lokasi,” jelas Edrizal.

Menurutnya dalam men­jaga kebersihan dan keindahan Kota diperlukan peran serta dan kerjasama semua pihak yang ada di Kota Solok bukan hanya dari DLH saja.

“Kita akan berupaya menjaga kebersihan dan keindahan kota secara maksimal. Kita terus mela­kukan koordinasi dengan stakeholder dan istansi terkait. Bagaimana seluruh OPD dan instansi vertikal agar meningkatkan perannya supaya lebih aktif da­lam menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya.

Setidaknya ada 51 titik lokasi yang akan menjadi objek penilaian seperti pemukiman, pasar, perkantoran, jalan utama, sekolah, tempat pemrosesan akhir (TPA) sampah, dan lainnya.

Sementara Pengawas Lapangan, Mitra menekan untuk kegiatan itu pihaknya melakukan pembagian tugas kepada 40 petugas kebersihan agar setiap pekerja berfungsi di lokasinya masing-masing. Pembagian tugas ini agar pekerjaan terlaksana dengan efektif dan efisien.

“Tim dibagi secara berkelompok beserta tugasnya. Mulai dari membersihkan sampah, merambah, hingga mengangkut sampah. Setiap kelompok bertanggung jawab dengan tugas masing-masing, sehingga pekerjaan akan lebih efektif,” ucap Mitra. (vko)

Exit mobile version