Tingkatkan Produksi, Dinas Pertanian Tanam Padi Bersama

PENANAMAN SERENTAK— Tanam padi serentak dilakukan bersama dengan tujuan menstimulasi petani untuk menyegerakan memulai musim tanam.

SOLOK, METRO–Bagi Kota Solok, sektor pertanian salah satu sektor penyangga perekonomian daerah. Untuk itu sektor pertanian pun terus mengupayakan kenaikan produksi padi di tengah perkembangan kota.

Kemajuan kota lahan pertanian cukup rawan beralih fungsi. Untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, terutama padi, intesifikasi menjadi jalan keluar. Seperti penggunaan bibit unggul yang mem­punyai produktivitas tinggi, tahan hama dan penyakit serta mempunyai umur panen yang singkat, optimalisasi suplai air pertanian dan percepatan tanam guna meningkatkan indeks pertanaman (IP).

Sebagai upaya, Dinas Pertanian Kota Solok melakukan tanam padi bersama. Dengan tujuan menstimulasi petani untuk menyegerakan memulai musim tanam.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok, Zulkifli, mengatakan petani diharapkan untuk menyegerakan tanam di lahan masing-masing. Agar indeks pertanaman meningkat sehingga produksi padi Kota Solok dapat terdongkrak. Untuk penyuluh pertanian diminta untuk terus mengawal percepatan tanam ini.

Menurut data tahun 2023, Kota Solok memiliki produktivitas padi 6,85 ton per hektar dengan indeks pertanaman 2,95 kali per tahun. Dengan lahan tetap, peningkatan indeks pertanaman dapat meningkatkan luas pertanaman dalam setahun. Jika luas lahan sawah Kota Solok saat ini seluas 876 hektar maka dalam setahun Kota Solok mempunyai luas pertanaman 876 hektar dikali 2,95 sehingga didapat luas tanam padi setahun 2.584,2 hektar.

Selain percepatan tanam, Kota Solok melalui program dari Kementerian Pertanian juga sedang mengupayakan optimalisasi suplai air untuk sawah yang berpotensi keku­rangan air di saat tertentu dengan kegiatan pompanisasi.

Kegiatan sektor pertanian saat ini juga mendapat pendampingan dari TNI sebagai implementasi MoU antara Kementerian Pertanian dan Markas Besar TNI AD yang telah ditandatangani beberapa saat yang lalu. (vko)

Exit mobile version