Penanganan Kerawanan Pangan Kronis, Pemko Solok Salurkan Bantuan

SERAHKAN BANTUAN— Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra menyerahkan bantuan pangan untuk keluarga yang memiliki anak balita dan untuk pencegahan stunting di Kota Solok.

SOLOK, METRO–Upaya penanganan ke­rawanan pangan kronis dan transien, terus dilakukan Pemko Solok. Melalui Dinas Pangan Kota Solok, sejumlah warga kurang mampu diberikan bantuan berupa bahan pangan yang menjadi kebutuhan pokok.

“Kerawanan pangan merupakan suatu kondisi ketidakcukupan pangan yang dialami daerah, ma­syarakat, dan rumah tangga pada waktu tertentu. Langkah ini untuk meme­nuhi standar kebutuhan fisiologi bagi pertumbuhan dan kesehatan masya­ra­kat, “ ungkap Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra.

Dikatakan Dona Ramadhani Kirana Putra,  kerawanan pangan dapat terjadi secara berulang-ulang pada waktu tertentu karena alasan ekonomi/kemiskinan (kronis) dan da­pat pula terjadi akibat ke­adaan darurat seperti bencana alam maupun bencana sosial (transien).

Dona Ramadhani menyampaikan pada Tahun 2024 kegiatan intervensi Penanganan Daerah Rawan Pangan (PDRP) yang dilaksanakan sebanyak tiga kali dan pada bulan ini merupakan pemberian ban­tuan  kedua yang dibe­rikan kepada masyarakat yang mempunyai balita dengan status stunting (pendek).

Sasaran ini diperoleh melalui hasil penimbangan massal pada bulan Februari lalu oleh Puskesmas. Sebelum dilaksanakan intervensi, tim yang ditunjuk melakukan investigasi ke lapangan guna mencocokkan data yang diperoleh dengan kenyataan di lapangan.

“P elaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat agar terpenuhi dan tercukupinya kebutuhan pa­ngan bagi balita stunting (pendek) yang memang kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi mereka di daerah rawan pangan khususnya Kota Solok,” sebut Dona Ramadhani.

Jumlah penerima bantuan pangan Tahun 2024 sebanyak 100 KK yang memiliki balita stunting di Kota Solok. Adapun bahan pangan yang diserahkan kepada masyarakat tersebut yaitu berupa 15 Kg Beras Premium, 5 liter Minyak Goreng, 1 Kg Gula Pasir, 1 Kg Kacang Hijau, 2 Kg Telur Ayam dan 1 Kaleng Sarden. (vko)

Exit mobile version