Lomba Cipta Menu B2SA, TP PKK Kelurahan KTK Juara 1  

SERAHKAN HADIAH— Wali Kota Solok Zul Elfian Umar serahkan hadiah kepada TP PKK Kelurahan KTK yang berhasil juara I.

TIM Penggerak (TP) PKK Kelurahan KTK tampil sebagai Juara I pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang dilaksanakan oleh Dinas Pangan Kota Solok bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kota Solok, Rabu (12/6).

Lomba Cipta Menu B2SA ini berlangsung di Balairung 99 Kediaman wali Kota Solok dan dibuka secara resmi oleh Walikota Solok, turut hadir Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra, Ketua Bidang III Tim Penggerak PKK Kota Solok, Ny. Elsya Delfianto, serta Tim Pokja III Tim Penggerak PKK Kota Solok.

Peserta merupakan per­wakilan dari Tim Penggerak PKK Kelurahan se Kota Solok yang masing-masing mengutus 2 orang perwakilan sehingga total peserta berjumlah 26 orang. Dewan juri berasal dari Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat Dina Aprilia, SP, Executive Chef Axana Hotel Padang Mukhsimin, serta dari Persagi (Persatuan Ahli Gizi) DPC Solok, Abrar Analdi, S.Gz

Kepala Dinas Pangan Ade Kurniati, S.Pt sebagai Ketua Pelaksana menyampaikan, “Bahwa pada lomba kali ini peserta menam­pilkan paket lengkap bekal makan siang B2SA dan snack sehat untuk anak sekolah. Bekal makan siang B2SA untuk anak sekolah memenuhi kaidah isi piringku (1/3 karbohidrat, 1/6 lauk pauk, 1/3 sayuran dan 1/6 buah-buahan), yang disesuaikan dengan kebutuhan porsi anak sekolah. Sedangkan untuk snack sehat anak sekolah menggunakan bahan pangan lokal yang mudah didapatkan di pasar atau di budidayakan sekitar pekarangan rumah,” papar Kadis.

Sementara itu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solok dalam sambutannya menyampaikan bah­wa persentase angka stunting di Kota Solok ta­hun ini mengalami penurunan dari 18 % menjadi 16 %, dan diharapkan untuk selanjutnya dibawah 14 %.

“Sehingga penerapan pola konsumsi pangan B2SA ini sangat penting untuk diterapkan di tengah-tengah keluarga, khu­susnya bagi ibu hamil dalam memenuhi gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan,” ujar Ny. Dona Ramadhani K P.

Kemudian Walikota Solok dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dan diharapkan kegiatan ini dapat terus berinovasi dari tahun ke tahun. Lomba yang dilaksanakan diharapkan dapat memberikan dampak positif kedepannya dalam hal penerapan pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman di tengah keluarga.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa skor Pola Pangan Harapan Kota Solok Tahun ini sebesar 88,9 dari kondisi ideal 100, hal ini menggambarkan bahwa masih kurang beragamnya konsumsi pangan Masya­rakat,” harap Wako.

Peserta terbaik pada Lomba Cipta Menu B2SA diberikan penghargaan berupa uang tunai sejumlah, Juara I diraih Tim Penggerak PKK Kelurahan KTK mendapatkan uang tunai sebesar Rp 2.000.000, Juara II diraih oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan PPA mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.500.000, serta Juara III diraih oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Kota Panjang mendapatkan uang tunai sebesar Rp1.000.000. (vko)

Exit mobile version