Pengungsi Sungai Manau Sudah Kembali ke Rumah, Pemerintah Minta Warga Waspada

PULANG KE RUMAH— Sejumlah pengungsi Sungai Manau, saat ini sudah kembali ke rumahnya masing masing.

PADANG ARO, METRO–Seluruh pengungsi akibat banjir bandang dan longsor di Mudiak Sungai Manau, Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Ko­to Parik Gadang Diateh sudah Kembali ke rumahnya masing-masing.  Ka­laksa BPBD Novi Hendrix mengatakan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan pun meminta masyarakat untuk selalu waspada dengan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

“Informasi dari camat, warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing sejak Minggu (19/5),” kata Novi dalam keterangannya, Senin (21/5).

Dia menjelaskan, me­nurut hasil pemetaan yang telah dilakukan bersama dengan pengelola TNKS, masih terdapat potensi longsor yang mengarah pada rumah warga. Sehingga meski sudah kembali menghuni rumahnya, ma­syarakat harus ekstra waspada kali ini.

“Sabtu (18/5) kemarin sudah bertemu dengan TNKS, melalukan pemetaan risiko bencana untuk melihat kantung longsoran. Ada beberapa potensi di situ, cuma yang berpotensi cuma satu ke pemukiman sesuai ilmu kebencanaannya,” jelasnya.

Setidaknya jika longsor tersebut terjadi, terdapat 13 rumah warga yang akan terdampak kondisi tersebut.

Guna meminimalisir potensi ini, BPBD bersama dengan pemerintah nagari dan warga Mudiak Sungai Manau akan gotong royong bersama membersihkan lokasi longsor tersebut. Selain itu, Pemerintah Ka­bupaten juga telah me­ngerahkan alat berat untuk membantu pembersihan lokasi ini. (ped/rel)

Exit mobile version