Hardinalis Kobal Mengajak Kelompok Seni Lestarikan Budaya lokal

BIMTEK-- Sejumlah kelompok seni dan budaya mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan dan pengembangan kelompok seni melalui pokok pikiran anggota DPRD Sumbar Hardinalis Kobal.

SOLOK, METRO–Sejumlah kelompok se­ni dan budaya mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pe­ningkatan dan pengembangan kelompok seni. Ke­giatan ini terlaksana melalui pokok-pokok pikiran ang­gota DPRD Provinsi Sum­bar Hardinalis Ko­bal.

Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat di Hotel Taufina, Solok, Senin, (20/5). Sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dan juga anggota Komisi V, Hardinalis men­dapatkan apresiasi dari penggiat seni di Kabupaten Solok atas kepedulian dan perhatian yang lebih terhadap eksistensi seni dan budaya.

Hal ini dibuktikan dengan diakomodirnya kegiatan seni tersebut dalam APBD Provinsi Sumatera Barat untuk tahun anggaran 2024. Ini merupakan langkah yang sangat positif dalam mendukung dan melestarikan warisan budaya yang kaya di Indonesia.

Menurut Hardinalis Ko­bal kegiatan ini bertujuan untuk merawat dan menjaga eksistensi kelompok seni dan budaya, khususnya yang berada di Kabupaten Solok. Ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung dan melestarikan kebudayaan lokal.

Hardinalis Kobal memandang komunitas seni dan budaya di Kabupaten Solok sangat positif. Hal ini terbukti dari antusiasme masyarakat yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pemberdayaan yang diadakan.

“Ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat saat ini tetapi juga menjadi motivasi untuk masa depan dalam melestarikan seni dan budaya local,” ungkapnya.

Sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hardinalis Kobalmenyampaikan rasa terima kasih atas semangat kelompok seni dan budaya di Kabupaten Solok yang tetap semangat dan aktif dalam menjaga eksistensi mereka untuk masa yang akan datang.

“Ini menunjukkan pentingnya pelestarian budaya sebagai bagian dari identitas dan warisan bangsa,” jelasnya.

Sementara yang ikut dalam kegiatan tersebut diantaranya Sari Bulan Jaya dari Peninjauan, Sanggar seni Harimau Campo Nagari Gauang, Gajah Tong­ga Perambahan, Tunas Muda Nagari Sungai Janiah, Indang Padusi Bintang Barat Nagari Jawi jawi, Alang Babega Koto Gadang, Kubang Raok sepakat Nagari Dilam, Sari Bungo Rampai Koto Gaek Guguak dan Indang Merpati Nagari Gantung Ciri. (hsb)  

Exit mobile version