Jaga Kebersihan Kota Solok, Berbagai Upaya Dilakukan Petugas Kebersihan demi Lingkunga Asri

SEDIAKAN—Terlihat kontainer yang disediakan Pemko Solok untuk warga yang membuang sampah.

SOLOK, METRO–Pemerintah Kota melalui petugas kebersihan telah melaksanakan berbagai upaya untuk menjaga kebersihan di Kota Solok. Hal ini tentu perlu didu­kung oleh kesadaran ma­sya­rakat dalam menjaga dan merawat lingkungan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan asri.

Pengawas mobil angkutan sampah, Mitra Yoriskia, mengatakan pengangkatan sampah pada lokasi tersebut dilakukan setiap hari, walau sudah disediakan bak kontainer sampah. “Namun sampah masih sering ditemukan berserakan di luar bak kontainer,” ungkap Mitra Yoriskia.

Dikatakan Mitra Yoris­kia, kemungkinan ada ma­syarakat yang belum sadar dan sengaja membuang sampah diluar kontainer. Atau bisa saja akibat adanya hewan yang mengacak sampah sehingga sampah keluar dari tempat yang telah disediakan.

“Jika sampah di dalam kontainer meluber, itu persoalan lain, Percuma Pem­kot dan petugas kebersihan telah berupaya maksimal, tapi sampah masih berserakan di luar bak sampah,” tambahnya.

Akibat dari sampah yang berserakan di luar bak sampah, petugas kebersihan bekerja lebih ekstra, tidak hanya mengangkat sampah di bak kontainer tetapi juga membersihkan sampah yang berserakan di luar bak kontainer, jika tidak selesai maka akan dibantu oleh rute selanjutnya, dan ini akan memakan waktu lebih lama.

“Tindakan masyarakat yang disiplin dalam membuang sampah ke dalam kontainer yang disediakan, tentunya akan mempermudah petugas kebersihan dalam pengangkutan sampah di TPS,” tuturnya.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas, Edrizal, meminta kerjasama petugas kebersihan dan menghimbau kepada seluruh masyara­kat agar disiplin membu­ang sampah pada kontainer yang telah disiapkan, sehingga tidak menimbulkan tumpukan sampah di luar kontainer.

“Kami berharap agar masyarakat membuang sampah pada kontainer yang sudah disiapkan, agar tidak terjadi penumpukan sampah di luar kontainer. Sehingga petugas juga le­bih mudah mengangkut sam­pah,” pungkasnya.  (vko)

Exit mobile version