Selama Bulan Puasa, Volume Sampah Meningkat

PENUH—Beginilah kondisinya Tempat Pemilahan Sementara (TPS) Kota Solok. yang sering penuh.

SOLOK, METRO –Selama bulan puasa, volume sampah mengalami peningkatan di Kota Solok. Volume sampah ini banyak berasal dari sisa makanan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok Edtizal mengatakan memang terjadi peningkatan volume sampah akibat banyaknya sisa makanan selama Bulan Ramadhan.

Meski jumlah pasti banyaknya kenaikan volume sampah belum dapat dihitung berapa kenaikannya, setidaknya hal ini dapat dilihat dari volume sampah di setiap Tempat Pemilahan Sementara (TPS) Kota Solok.

“Dapat dilihat ada peningkatannya, ini berdampak karena intensitas bahan rumah tangga selama bulan Puasa bertambah, mulai dari rumah tangga hingga rumah makan, resto-resto dan dari aktivitas pedagang takjil musiman,” ujarnya.

Peningkatan volume sampah selama 2 minggu ini diperkirakan mencapai 10-15 persen, karena memang di bulan Ramadhan ini konsumsi khususnya masyarakat yang berpuasa meningkat, otomatis sampah makanan akan meningkat.

Untuk sampah rumah tangga Dinas Lingkungan Hidup membudidayakan pakan ternak Maggout, masyarakat juga sudah mulai mengolah sampah.

Ia pun mengimbau agar warga Kota Solok bisa menahan sampah sisa makanan yang berlebihan serta dapat memilah sampah organik dan an-organik di lingkungan masing-masing.  “Selain sampah dari rumah tangga, peningkatan produksi sampah juga terjadi di pasar Raya Kota Solok,” tegasnya. (vko)

Exit mobile version