Waspadai Bahan Berbahaya dalam Makanan, BPOM dan Disperdagkop dan UKM Bidik Pasar dan Mini Market

PERIKSA MAKANAN— Tim Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumbar bersama Dinas Perdagangan melakukan pemeriksaan bahan makanan di Pasar Kota Solok.

SOLOK, METRO–Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Su­matera Barat bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Solok melakukan pemantauan bahan berbahaya yang terkandung dalam makanan di pasar raya dan minimarket di Kota Solok. Langkah ini dilakukan guna memastikan keamanan pro­duk makanan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat.

Sasaran pengawasan dilakukan terhadap produk makanan yang dijual di sejumlah minimarket, swalayan, pasar tradisional, serta pasar pabukoan yang terletak di Jalan Cengkeh. Salah satu bentuk pengawasan terkait tentang pengawasan kadaluarsa pro­duk dan zat berbahaya yang terkadung di dalam produk makanan.

Kepala Dinas Koperindag Kota Solok, Zulferi mengatakan, bahwa kegiatan yang bekerja sama dengan BPOM ini merupakan agenda rutin tahunan Pemerintah Kota Solok. Dan untuk tahun ini tepat terlaksana di bulan Ramadhan. “Kami Pemerintah Daerah bersama BPOM akan selalu bersinergi dalam menciptakan pangan aman dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya.

Terutama lanjutnya, selama bulan Ramadhan ini kebutuhan masyarakat akan bahan pangan meningkat. Untuk itu langkah pengawasan terhadap pro­duk makanan yang beredar dan dijual oleh pedagang harus dipastikan aman konsumsi.

Dari hasil pemeriksaan dan pengawasan yang dilakukan petugas, Zulferi mengatakan tidak ditemukan produk makanan yang sudah kadaluarsa dan bahan berbahaya yang dijual oleh pedagang di Kota Solok.

Sementara pihak BPOM Sumbar, Fitra Yelli,  mengatakan bahwa selain melakukan pengawasan terhadap produk makanan berdasarkan tanggal kedaluwarsa pihak BPOM juga memeriksa kadar yang terkandung dalam makanan. “Alhamdulillah sejauh ini kami belum ada menemukan pangan yang mencurigakan,” jelas Fitra Yelli. Kegiatan ini sangat didukung oleh masyarakat dan pedagang karena secara tak langsung bisa menjadi media promosi untuk menjamin keamanan produk yang mereka jual. (vko)

Exit mobile version