Dukung Kebijakan Nasional Pengendalian Inflansi, Dinas Pangan Gelar Gertam Cabai

SOLOK, METRO–Mendukung kebijakan nasional terhadap pengendalian Inflasi di daerah, Dinas Pangan mengadakan pelaksanaan Gerakan Tanam Cabai (Gertam Cabai) serentak di Kota Solok. Gertam Cabai ini juga dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke- 52.

Wakil Ketua TP-PKK Kota Solok Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra me­nyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemerintah kota dan masyarakat dalam pengendalian inflasi di Kota Solok. “Salah satu langkah Pemerintah Kota Solok dalam pengendalian inflasi yaitu melalui Gerakan Tanam Cabai. Walikota Solok juga sudah me­ngeluarkan edaran kepada seluruh masyarakat agar dapat menanam cabai pada lahan pekarangan serta memanfaatkan lahan kosong yang potensial untuk ditanami dengan tanaman cabe,” ujarnya.

Menurut Dona Rama­dhani Kirana Putra, dengan adanya Gerakan Tanam Cabai ini, ia berharap pe­nanaman cabai yang dilaksanakan dirawat dengan baik dan berkelanjutan. Dengan menanam tanaman cabai di halaman dapat memenuhi kebutuhan dapur serta dengan memanfaatkan pekara­ngan rumah semaksimal mungkin. “Dari hasil panennya dapat menekan pengeluaran rumah tangga. Dalam pelaksanaan kegiatan Gertam Cabai ini dilakukan penanaman langsung sekitar 100 bibit tanaman cabe baik itu di polybag maupun pada bede­ngan di demplot KWT Taratak Sepakat,” jelas Dona Ramadhani Kirana Putra.

KWT Taratak Sepakat sebut Dona,  merupakan salah satu pelaksanaan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kota Solok, yang melaksanakan kegiatan melalui pemanfaatan lahan pekarangan.

Sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga serta berorientasi untuk meningkatkan pendapatan keluarga.  “KWT Taratak Sepakat juga telah melakukan penanaman cabai baik pada demplot ataupun pekarangan anggota, sehingga KWT Taratak Sepakat ditetapkan sebagai lokasi Gertam Cabe di Kota Solok pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK,” papar Dona.

Gerakan tananm cabai ini juga dihadiri pada kegiatan ini, Lurah Tanah Garam serta Ibu TP-PKK Kecamatan dan Kelurahan, Pokja III TP-PKK Kota Solok dan Perwakilan dari OPD terkait serta anggota Kelompok Wanita Tani Ta­ratak Sepakat. (vko)

Exit mobile version