Dinas Pertanian Sediakan 400 Kg Benih Padi Varites Anak Daro

TANAM—Telihat para petani di Kota Solok sedang menanam padi.

SOLOK, METRO–Dinas Pertanian Kota Solok menyediakan lebih kurang 400 kilogram benih pokok padi varietas Anak Daro. Benih pokok ini merupakan hasil produksi kelompok penangkar mitra binaan Dinas Pertanian Kota Solok. Benih pokok yang diproduksi Dinas Pertanian Kota Solok juga sudah dilengkapi label ungu. Petani dapat membeli benih padi Anak Daro dengan harga Rp13 ribu per kilogram, benih pokok bisa menghasilkan benih sebar.

Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Per­kebunan, Dinas Pertanian Kota Solok, Joni Harnedi mengatakan dalam pe­ngembangan benih dasar dan pokok padi Anak Daro, Dinas Pertanian Kota Solok menggandeng 3 kelompok penangkar Desa Mandiri Benih (DMB). 3 DMB yang bermitra yakni DMB Mutiara Tani di Tanah Garam, Sembiko dan Rumbio Saiyo.

“Dari ketiga kelompok penangkar tersebut, Kota Solok memproduksi benih dasar dan benih pokok. Pada tahun 2023, Dinas Pertanian memproduksi 1 ton benih pokok dan lebih kurang 300 kilogram benih dasar. Lalu, tahun 2024 ini, Pemko Solok menargetkan minimal 1 ton benih pokok dan lebih kurang 300 kilogram benih dasar,” ungkapnya.

Disebutkan Joni Harnedi, potensi produksi per hektare lebih kurang 6,5 ton per hektar. la juga menjelaskan, padi jenis Anak Daro saat ini kurang diminati petani, lantaran umur atau jarak antara masa tanam dengan masa panen padi tersebut cukup lama dibanding padi jenis lain. Apalagi, di kota Solok, pertanian khususnya sawah merupakan penopang utama perekonomian masyarakat.

Kemudian, sebagai ujung tombak penelitian tersebut, di Kota Solok pun sudah ada Desa Mandiri Benih (DMB) yang merupakan suatu kegiatan yang dibuat untuk mendukung percepatan tanam di sektor perbenihan padi. “Dinas Pertanian terus menggalakkan para petani untuk memperbanyak menanam Padi varietas Anak Daro dengan sistem budidaya yang benar.

Dengan cara budidaya yang benar dan tepat, hasil yang diperoleh akan lebih maksimal. Harga jual padi Anak Daro di pasaran saat ini tertinggi bersama dengan varietas Cisokan,” jelasnya. “Pemasaran Beras Anak Daro dengan nilai jual tinggi juga sedang diupayakan. Beras varietas Anak Daro merupakan beras khusus, sehingga harga jualnya tidak dibatasi. Saat ini telah ada upaya kerja sama dengan Pemko Pekanbaru dan upaya peningkatan kualitas kemasan sehingga dapat diterima di swalayan dan mini market,” timpal Joni Harnedi. (vko)

Exit mobile version