Program Nagari Tageh ‘Suka Sapi Suka Durian, Bukti Pemerintah Benar-benar Hadir di Tengah Masyarakat

SERAHKAN—Bupati Solok Seletan Khairunas saat penyerahan bantuan traktor tangan untuk petani.

PADANG ARO, METRO–Dalam kegiatan launching Program Nagari Tageh ‘Suka Sapi Suka Durian’ di Nagari Lubuk Gadang Uta­ra, Bupati Khairunas kem­bali menegaskan bahwa pemerintah benar-benar hadir ditengah ma­syara­kat. “Dan kita menunjukan kepada masyarakat kita, bahwa pemerintah harus hadir ditengah-tengah ma­syarakat. Ini adalah tugas kita semua memberikan pelayanan dalam setiap even pemerintah,” kata Khairunas, Rabu (25/10).

Pada setiap kegiatan yang dilaksanakan pemerintah dan dalam pelaksanaan launching program ini, pemerintah melalui OPD terkait memberikan berbagai pelayanan. Mulai dari pelayanan Kesehatan, pe­rizinan, kependudukan, KB, perpustakaan digital dan lainnya.

Kesempatan yang sa­ma, Sekdakab Dr. Syamsurizaldi selaku panitia penyelenggara mengatakan Program Nagari Tageh ‘Suka Sapi Suka Durian’ diharapkan dapat mendorong terciptanya potensi nagari terutama sapi dan durian di Nagari ini.

Menurutnya, Progul Su­ka Sapi Suka Durian adalah program terintegrasi yang melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Da­erah (OPD) seperti Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan dan Dinas Perindag & UKM.

Terkait pelayanan kepada masyarakat yang dibe­rikan pemerintah, Syamsurizaldi mengatakan pemerintah melalui OPD telah berinovasi memberikan pelayanan kepada ma­syarakat.

“Di Kabupaten lain ada Mall Pelayanan Publik di satu tempat, maka Pemerintah kabupaten Solok Selatan berinovasi memberikan pelayanan kepada ma­syarakat dimana mana,” kata Sekdakab dikesempatan yang sama.

Sekdakab juga mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja supertim tim dan berko­laborasi untuk mensukseskan kegiatan ini.  Dalam kegiatan ini, pemerintah melalui Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan juga membagikan sebanyak 65 unit Alat dan mesin Pertanian (Alsintan) terdiri dari 23 unit Handtraktor, 1 unit perontok gabah, 1 unit perontok jagung, 25 unit handsprayer, 15 unit mesin potong rumput.

Selain itu juga dilakukan pembagian bibit ikan, bibit jagung hibrida premium, pelayanan Kesehatan he­wan dan lainnnya serta penanaman serentak bibit durian di Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara. Bantuan juga diserahkan kepada masyarakat melalui BAZNas Solok Selatan seperti beasiswa, konsumtif lansia. Bantuan lainnya seperti sembako, bantuan ibu hamil dan balita stunting, serta doorprise berupa sepeda. (ped/rel)

Exit mobile version