Program Kota Sehat, Hiddayaturrahmi: Butuh Sinergi OPD  

PERSIAPAN—Kegiatan pembinaan dan persiapan verifikasi lapangan Forum Komunikasi Kecamatan dan Pokja Kelurahan Sehat dalam mewujudkan Kota Sehat di Kata Solok.

 

SOLOK, METRO–Implementasi Program Kota Sehat dapat terlaksana dengan optimalnya peran semua OPD terkait. Dalam hal ini dukungan terhadap Tim Pembina Teknis Kota Sehat dan semua forum di tingkat kecamatan sampai tingkat Kelurahan sangat diharapkan.

Hiddayaturrahmi, selaku Kepala Bidang P2PM Dinas Kesehatan Kota Solok mengatakan, dengan adanya sinergi, peran aktif dan saling mendukung me­lalui berbagai kegiatan, Program Kota Sehat akan berjalan di Kota Solok. “Kota sehat merupakan suatu kondisi kabupaten atau kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni warganya,” katanya.

Kondisi ini lanjutnya dapat dicapai melalui ter­selenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masya­rakat dan Pemerintah Da­erah. Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masya­rakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Kota/ untuk mewujudkan Kabupaten/ Kota Sehat.

Hiddayaturrahmi, saat membuka pelaksanaan pem­binaan dan persiapan verifikasi lapangan ke Forum Komunikasi Kecamatan dan Pokja Kelurahan Sehat juga mengatakan Pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat untuk dapat mengkoordinasikan, mengintegrasikan, menyinkronkan, mensimplikasikan prioritas dan perencanaan pembangu­nan ke kelurahan wilayah kecamatan dari berbagai aspek.

“Pembinaan forum ini dilakukan dibeberapa tempat di wilayah Kota Solok yang mana masing-masing forum diikuti oleh 20 peserta dan didampingi oleh tim pembina yang sudah ditunjuk di masing-masing pokja kelurahan sehat. Pembinaan Forum Komunikasi Kecamatan Sehat ini dilakukan dari tanggal 26 sampai 30 Mei 2023,” sebutnya. (vko)

Exit mobile version