Yulian Efi: Tingkatkan Partisipasi Ormas

SAMBUTAN— Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi memberikan sambutan saat acara.

PADANG ARO, METRO–Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam pembangunan. Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan harmonisasi antara ormas dengan pemerintah daerah. Wakil Bupati Solok Selatan, Yulian Efi mengatakan selain peningkatan partisipasi, pemerintah juga memberikan penguatan manajemen agar Ormas memberikan kontribusi untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang kondusif, transparan dan akuntabel.

“Dengan diberikannya sosialisasi dan penguatan terhadap Ormas ini, diharapkan akan terciptanya hubungan yang harmonis antara Ormas dengan pemerintah daerah. Manajemen yang dibangun bertujuan agar saling memberikan kontribusi untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang kondusif, transparan dan akuntabel,” kata Yulian dalam sambutannya di Rapat Koordinasi Organisasi Pe­nguatan Manajemen dan Partisipasi Ormas terhadap pembangunan Kabupaten Solok Selatan di Aula Tansi Ampek pada, Kamis (13/10).

Dalam acara tersebut dihadirkan 27 Ormas yang terdiri dari organisasi bidang pertanian, sosial, ekonomi, keagamaan, budaya, dan olahraga. Menurut kategori, Ormas yang ada di Solok Selatan ada yang berbadan hukum dan ada yang tidak berbadan hukum.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Solok Selatan, Zulhendra Wilson mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah agar seluruh Ormas dapat melaksanakan fungsinya secara maksimal di tengah masyarakat, sesuai dengan amanat Permendagri No 56 Tahun 2017, yakni pembinaan dan pengembangan anggota untuk mewujudkan tujuan organisasi dan pemberdayaan masyarakat.

“Lalu pemenuhan layanan social, pemeliharan dan pelestari norma, nilai dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” katanya

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar seluruh Ormas yang ada di Solok Selatan dapat berpartisipasi aktif dalam melaksanakan pembangunan sesuai dengan bidangnya masing-masing. (ade)

Exit mobile version