Stadion Marahadin Prioritas Pemko Solok pada 2022, Zul Elfian Harapkan Cepat Rampung 

Wali Kota Solok Zul Elfian

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok, Zul Elfian kembali menegaskan, proyek pembangunan sarana olah­raga Stadion Marahadin yang berlokasi di Kelurahan Laing menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota Solok pada 2022.  Proyek ini diharapkan cepat rampung demi terwujudnya keinginan Kota Solok menjadi tuan rumah Poprov.

Menurut  Zul Elfian rencananya tahun ini akan dirampungkan pembangunan tribun barat dan lapangan se­pakbola. Pembangunan ini dengan sumber dana dari APBD Kota Solok dan APBD Provinsi Sumbar dengan total Rp26 Miliar. Dan ditekankanya, Pemerintah Kota Solok pada tahun 2022 ini akan fokus menyelesaikan pembangunan stadion olahraga. Stadion Marahadin nantinya bakal menjadi venue utama Porprov Sumbar tahun 2025.

Stadion ini juga akan mejadi homebase bagi klub se­pakbola Kota Solok di ajang Liga Indonesia serta kompetisi sepakbola lokal. Percepatan pembangunan Stadion Marahadin ini pada tahun 2022 telah dianggarkan dari dana BKK Pemprov Sumbar, sebesar Rp12 miliar dan APBD Kota Solok sebesar Rp14 mi­liar.

“Penamaan Stadion Marahadin diambil dari tokoh yang berperan penting dan berjasa besar dalam terbentuk dan berdirinya Kota Solok pada tahun 1970. Awalnya Solok hanya sebuah nagari di Pro­vinsi Sumatera Barat, kemudian oleh Marahadin diperjuangkan dan menjelma menjadi Kota Solok,” ujarnya.

Pekerjaan konstruksi stadion telah mulai dikerjakan oleh pemenang tender PT. Mina Fajar Abadi dan berada di bawah pengawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solok, di­perkirakan pada akhir tahun 2022 bangunan tribun barat dan lapangan sepakbola telah dapat dirampungkan.

Namun lanjutnya agar rampung pembangunan Stadion Marahadin ini masih diperlukan alokasi anggaran pembangunan Rp48 miliar. Dana itu untuk pembangunan tribun timur, pekerjaan track sintetis, pekerjaan jalan, ta­man dan parkir serta pekerjaan aliran air dan drainase. Wujudkan Instalasi Rehabilitasi Ketergantungan Narkoba, Wawako Sharing Ke Pem­kab Sarolangun. (vko)

Exit mobile version