Bimtek Kesiapan PAUD dan PNF Penting di Kota Solok

Ketua TP PKK Kota Solok Ny Hj Zulmiyetti

SOLOK, METRO–Bimbingan Teknis (Bimtek) kesiapan bersekolah bagi PA­UD dan PNF (Pendidikan Non Formal) dinilai penting. Selain dihadari Dinas Pendidikan, juga ha­dir Pengawas/ Penilik, Kepala Sekolah, Guru jenjang Paud dan Guru kelas awal dan orang tua, BBPMP serta organisasi mitra.

Bunda Paud  Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian menyebutkan, kesiapan bersekolah menjadi penting untuk dibahas. Salah satu alasanya sering kali ditemukan identitas dan ek­s­pektasi yang berbeda antara PAUD dan SD, serta adanya perbedaan strategi kurikulum di PAUD dan SD yang menimbulkan patahan. “Adanya Bim­bingan teknis ini diharapkan memberikan banyak manfaat dalam mendorong penya­ma­an persepsi antara PAUD dan SD yang b berkaitan dengan kesiapan anak bersekolah,” sebut Zulmiyetti Zul Elfian.

Selain itu juga membantu komunikasi dan koordinasi an­tara satuan PAUD dan SD untuk kesiapan bersekolah serta terbentuknya Forum Komunikasi PAUD – SD.

Kepala Dinas Pendidikan, Rosavella menyebutkan, program kesiapan bersekolah merupakan program meningkatkan komunikasi yang baik antara pemerintah dae­rah yang menangani Paud dan SD serta Guru Paud dan Guru SD terkait kesiapan sekolah .

Manfaat program kesiapan bersekolah ini lanjutnya bagi anak dan orang tua, menjadi siap bersekolah “Orang tua memahami perannya dalam mendampingi anak melalui kegiatan sehari hari. Bagi se­kolah dan guru bisa menyediakan pembelajaran yang me­nyenagkan, memahami tingkat perkembangan anak dan mem­permudah evaluasi dan monitoring, “ tambahnya. (vko)

Exit mobile version