Dispora Solok Luncurkan Aplikasi Sipanda Muda

SOLOK, METRO–Dinas Pemuda dan Olah­raga Kota Solok luncurkan aplikasi Sipanda Muda (Sis­tem Informasi Pengelolaan Data Kepemudaan). Program ini bekerjasama de­ngan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok, Bujang Putra mengatakan, pihaknya sangat sulitnya mendapatkan data ke­pemudaan yang valid. Sehingga dengan aplikasi Sipanda Muda ini memu­dahkan dalam mendata seluruh pemuda di Kota Solok.

“Program Dispora yang bekerjasama dengan Diakominfo sebetulnya ada keinginan supaya satu da­ta kepemudaan dapat tercapai. Nantinya program ini juga dapat dipergu­nakan oleh Organisai Perangkat Daerah terkait selain Dispora,” ungkap Bujang Putra.

Dalam pemaparannya, mengatakan data kepemudaan yang sekarang belum optimal yang data­nya diambil dari Dinas Ke­pen­dudukan dan Catatan Sipil yang berdasarkan usia.

“Data kepemudaan se­karang belum optimal yang hanya didapat dari Disdukcapil yang berdasarkan usia. Dengan adanya aplikasi ini dapat menyajikan database kepemudaan yang berdasarkan subjek pemuda yang rentang u­sianya 16 sd 30 tahun sesuai UU Pemuda,” ujarnya.

Dijelaskannya, penggunaan aplikasi Sipanda Muda ini terdiri dari tiga pelaksana, pertama Surveyor yang dilakukan Ke­tua Pemuda Kelurahan yang melibatkan pemuda RT dan RW.  Langkah ini dengan mendata pemuda di kelurahan dan menginput berdasar subjek yang telah ada.

“Kedua, Operator oleh Dispora yang bertugas memverifikasi data yang telah diinput dan ketiga, Admin oleh Diskominfo dan Dispora bertugas melakukan filter data yang telah diverifikasi,’ tukas Bujang Putra. (vko)

Exit mobile version