Musim Kemarau, Warga Solok Diminta Waspadai Kebakaran

H. Zul Elfian, SH MSi (Walikota Solok).

SOLOK, METRO–Wali Kota Solok Zul Elfian menghimbau masyarakat a­gar waspada terhadap terja­dinya kebakaran. Musim kemarau yang belakangan ini terjadi, sangat rawan terjadi­nya kebakaran.

Kebakaran lahan, misal­nya sering terjadi disaat mu­sim kemarau. Masyarakatpun diminta tidak melakukan pembakaran lahan dengan sengaja maupun membuang benda yang mudah terbakar. “Kebakaran lahan sering terjadi di Kota Solok disaat musim kemarau. Dan diminta agar ma­syarakat waspada akan terjadinya kebakaran,” ujar Zul Elfian.

Dikawasan utara Kota Solok yang merupakan lahan milik masyarakat pada umum­nya ditumbuhi Illang karena memang lahan tersebut kering. Ditambah musim kemarau, tumbuhan yang menge­ring akan mudah terbakar sehingga dapat saja membaha­yakan pemungkiman warga disekitarnya. Dan peristiwa kebakaran lahan tersebut cukup sering terjadi sehingga ma­syarakat perlu waspada.

Selain itu Zul Elfian juga menghimbau agar masya­rakat lebih teliti terhadap barang yang mudah terbakar dirumah. Ketika hendak me­ninggalkan rumah, masya­rakat hendaknya memeriksa kea­manan rumah terutama kompor dan alat listrik yang da­pat menimbulkan kebakaran.

Selain itu dimalam bulan puasa  warga juga diminta untuk lebih waspada ketika hen­dak meninggalkan rumah da­lam keadaan kosong. Dengan demikian, angka pencurian ditengah-tengah masyarakat akan dapat ditekan. “Dengan tingkat kewaspadaan yang le­bih oleh masyarakat sendiri disaat meninggalkan rumah, akan dapat memperkecil ruang bagi para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya,” harap Zul Elfian. (vko)

Exit mobile version