Wako Hendri Septa Lepas Jenazah Azwar Siry, ”Sosok Rendah Hati dan Pengayom itu kini sudah Pergi”

UPACARA PELEPASAN— Wali Kota Padang Hendri Septa memimpin upacara pelepasan jenazah anggota DPRD Padang Azwar Siry, Senin (18/4) di gedung DPRD Padang. Almarhum dimakamkan di pandam keluarga yang berada di Pasie Laweh, Kabupaten Tanahdatar.

SAWAHAN, METRO–Hujan mewarnai upacara pelepasan jenazah anggota DPRD Padang Azwar Siry, di gedung DPRD Kota Padang. Politisi Partai Demokrat itu menghembuskan nafas terakhir di RSUD dr Rasidin pada Minggu (17/4), sekitar pukul 22.00 WIB. Almarhum meninggalkan satu anak kandung, 13 anak asuh dan tiga cucu pada usia 74 tahun.

Bertindak sebagai pembina upacara adalah Walikota Padang Hendri Septa. Dalam kesempatan tersebut Wali Kota menyatakan Kota Padang telah kehilangan salah satu putra terbaiknya.

“Saya mengenal almarhum sejak 2009 lalu. Pada saat itu, saya masih menjadi anggota DPRD Kota Padang. Saya sangat dekat. Beliau sosok rendah hati, dan sebagai pengayom bagi kami. Jujur, kami sangat kehilangan,” ucap Hendri Septa, Senin (18/4)

Wako meminta doa kepada warga Kota Padang agar amal ibadah almarhum dapat diterima di sisi Allah SWT. “Tujuh bulan lalu, istri alrmarhum meninggal dunia. Sekarang almarhum menyusul. Saya meminta doa kita semua agar amal ibadah almarhum diterima di sisi-Nya,” tambahnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana menyampaikan almarhum sebelum meninggal dunia juga sempat dirawat karna mengalami sakit beberapa bulan yang lalu. “Kami dari keluarga besar Partai Demokrat sangat berduka dan kehilangan seorang kader dan tokoh yang sangat kami hormati sekaligus guru politik bagi kami di Partai Demokrat Kota Padang,” ucap Ilham Maulana.

“Bagi kami sangat sulit mencari tokoh yang sebanding dengan almarhum, dan kami berharap serta berdoa semoga almarhum husnul khotimah, dan diterima semua amal ibadah beliau oleh Allah SWT,” lanjut Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Kota Padang ini.

Di sisi lain, Ilham menambahkan, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut berduka atas wafatnya salah seorang kader terbaik Demokrat di Kota Padang. Untuk itu, SBY meminta maaf kepada DPRD Padang, terkhusus kepada Wali Kota Padang jika kadernya mempunya kesalahan baik yang di sengaja maupun yang tidak disengaja.

“Semalam SBY menyampaikan ucapan duka cita atas berpulangnya salah seorang kader terbaik Demokrat di Kota Padang. Oleh karena itu, SBY meminta maaf kepada DPRD, khususnya Wali Kota Padang jika semasa hidup, ada kesalahan baik disengaja maupun tidak oleh almarhum,” ucapnya.

Selain SBY, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono turut menyampaikan ucapan duka cita, dan mendoakan agar amal ibadah almarhum di terima di sisi-Nya.

“Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono juga menyampaian duka cita. Beliau pun berdoa semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi-Nya,” tambah Ilham.

Setelah melakukan upacara upacara pelepasan jenazah, Alm Azwar Siry akan dikebumikan di pandam keluarga yang berada di Pasie Laweh, Kabupaten Tanahdatar.

Semasa hidupnya, Azwar Siry pernah menduduki posisi Kakandepdikbud Kota Padang sebelum tahun 2001. Kepala BKD Kota Padang pada tahun 2001 – 2005. Kepala Dinas Inforkom Kota Padang dari 2005 – 2008.

Pada 2009 – 2014, Azwar Siry menjadi anggota DPRD Kota Padang, dan 2019 hingga wafat masih menduduki posisi sebagai anggota DPRD Kota Padang. (ade)

Exit mobile version