KAN Saniangbaka Lakukan Penguatan Tanah Ulayat Nagari

MUSYAWRAH— Ninik mamak bajinih yang menjadi pengurus KAN Saniang Bakao, Kabupaten Solok menggelar musyawarah untuk penguatan tanah ulayat nagari.

SOLOK, METRO–Kerapatan Adat Nagari (KAN) Saniangbaka KabupatenSolok menggelar musyawarah dan ke­sepahaman penataan dan pemanfaatan tanah ulayat nagari untuk lebih produktif oleh anak kemenakan yang berdomisili di Kampuang maupun di Perantauan.

Agenda itu dilaksanakan di Kantor KAN Saniangbaka, Jo­rong Balai Panjang, X Koto Sing­karak, Kabupaten Solok, Minggu (6/2). Musyawarah dan kesepehaman dalam penataan dan pemanfaatan tanah ulayat nagari itu berlangsung dari siang hingga sore hari diawali dengan sekapur sirih dari H Suryadi Asmi Dt Rj Nan Sati SE selaku penasehat atau pembina KAN Saniangbaka.

Suryadi Asmi Datuak Rajo Nan Satu, Selasa (8/2) mengatakan, Nagari Saniangbaka sebagai etentitas sebuah ma­sya­rakat hukum adat masih eksis memiliki kekayaan kolektiv yang disebut yang disebut “Ulayat Nagari”.

Di Kanagarian Saniangbaka, dikatakan Suryadi Asmi Dt Rj Nan Sati semua infranstruktur ekonomi, fasilitas sosial dan fasilitas umum dan lainya diba­ngun diatas ulayat nagari. “Kepe­ngurusan KAN Sanianbaka tetap memberikan perhatian khusus untuk menjaga aset peradaban nagari,” ujar Suryadi Asmi yang sukses memimpin Bank Nagari di masa usia produktifnya.

Dalam paparanya, Suryadi Asmi Dt Rj Nan Sati menyampaikan tanah ulayat itu terbagi atas tiga tingkatan  yakni Ulayat Kaum, Ulayat Suku dan Ulayat Nagari. “Dulu kita dengar ungkapan bahwa ‘pusako salingka kaum, adat salingka nagari’. Artinya basis ekonomi masyaraka terletak pada penguasaan tanah ulayat oleh kaumnya. Sedangkan aturan kehidupan bersama terletak pada nagari,” ujar Suryadi Asmi.

Dia berharap, ke depannya kepengurusan KAN Saniangbaka dapat menjalankan roda organisasi dengan baik. Tidak lupa, Suryadi Datuak Rajo Nan Sati berharap, para pemangku adat nagari Saniangbaka tetap istiqomah berjuang untuk menjaga peradaban nagari Saniangbaka. (vko)

Exit mobile version