Hadapi Nataru, Prokes Covid-19 Wajib Dipatuhi

SOLOK, METRO
Guna menjamin keamanan dan kenyamanan menyambut liburan dan perayaan natal dan tahun baru (Nataru), Bupati Solok, Gusmal menggelar rapat koordinasi lintas sektoral. Dalam pelaksanaan perayaan natal dan tahun baru, protokol kesehatan di masa pandemi Covid 19 tetap ditegakkan.

“Kita harus menyamakan persepsi dalam menghadapi Nataru. Ini kewajiban pemerintah daerah dan seluruh stake holder, bagaimana masyarakat daerah Kabupaten Solok aman dan tentram,” ujar Gusmal, kemarin.

Perayaan Natal dan Tahun Baru lanjutnya, masih dalam situasi pandemi. Sehingga perlu dilakukan pengamanan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Langkah pengamanan dengan penerapan protokol kesehatan perlu ditegaskan karena seperti biasanya, perayaan tahun baru akan memunculkan tempat-tempat kerumunan di sejumlah titik tertentu. Kerumunan bisa berpotensi terjadi penyebaran virus Covid-19.

“Untuk itu kita membantu masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan agar dalam perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru berlangsung dengan lancar dan aman, sehingga terhindar dari Covid-19,” ujar Gusmal.

Untuk pengamanan, Kapolres Solok Arosuka, AKBP Azhar Nugroho mengatakan, dalam menyambut perayaan Natal dan pergantian tahun, kepolisian secara terpusat menggelar operasi dengan sandi Operasi Lilin. Pihaknya akan mengerahkan personil ditempat-tempat objek vital yang akan dilakukan pengamanan.

Operasi Lilin 2020 ini akan berlangsung selama 15 hari dari tanggal 21 Desember hingga 4 Januari 2020. Jajaran Polres dilibatkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan pergantian tahun.

Adapun keputusan rapat koordinasi lintas sektoral yang dilakukan pemerintah Kabupaten Solok bersama Forkompinda dan sejumlah pihak, .alam tahun baru di tempat – tempat keramaian di larang. Sebaiknya perayaan tahun baru dilakukan dengan kegiatan pengajian agama yang lebih bermanfaat.

Kemudian kalau memang ada juga keinginan masyarakat untuk tetap melakukan perayaan tahun baru, disikapi dengan melakukan upaya pendekatan dan menganjurkan untuk tidak melakukan perayaan tahun baru. (vko)

Exit mobile version