KPU Solsel Tetapkan Khairunas-Yulian Efi Pemenang Pilkada, Unggul Perolehan 35.420 Suara

SOLSEL, METRO
Hasil Rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Khairunas-Yulian Efi memperoleh suara terbanyak hasil Pemilihan 9 Desember kemarin, dalam rapat pleno rekapitulasi hasil Pilkada dengan perolehan suara terbanyak yaitu 35.420 suara.

Ketua KPU Solsel, Nila Puspita, Kamis (17/12) mengatakan, dalam rapat pleno terbuka penghitungan ditingkatkan kabupaten, pasangan Khairunas-Yulian Efi memperoleh suara 35.420 suara, di urutan kedua ada Abdul Rahman-Rosman Efendi dengan perolehan 34.464 suara dan pasangan Erwin Ali-Marwan Efendi 21.410 suara.

Dimana, lanjutnya, untuk tingkat partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah untuk pemilihan bupati dan wakil bupati, Solsel merupakan daerah tertinggi tingkat partisipasi pemilihnya. “Solsel paling tinggi tingkat partisipasi pemilih untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati. Ini merupakan paling tinggi di Sumbar dengan capaian 81,66 persen,” ujar Nila.

Pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Solsel, masyarakat yang menyalurkan hak pilih hingga memperoleh partisipasi tertinggi pada Pilkada di kabupaten itu sebanyak 93.568 suara dengan suara sah 91.420 dan tidak sah 2.274 suara.

Di mana pemilih yang terdaftar didalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 112.130 orang dan yang pindah memilih 790 orang serta pemilih menggunakan KTP elektronik 2.444 orang. “Jadi total pemilih di Pilkada Solsel,  untuk pemilihan Bupati dan wakil Bupati di sebanyak 115.364 orang dan yang menggunakan hak suaranya atau ikut memilih tercatat 93.568 orang,”ungkapnya.

Dia mengatakan, sedangkan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pasangan nomor urut dua Nasrul Abit-Indra Catri memperoleh suara terbanyak di Solsel dengan perolehan 33.383 suara. Selanjutnya pasangan nomor urut empat Mahyeldi-Audy Joinaldy memperoleh 27.885 suara, nomor urut satu Mulyadi-Ali Mukhni 21.914 dan Fakhrizal-Genius Umar 7.137 suara. Sedangkan masyarat yang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Solsel sebanyak 93.609 orang.

“Dengan jumlah itu, partisipasi pemilih untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Solsel sebanyak 81,70 persen. Tinggi sedikit dari pemilih calon bupati dan wakil bupati,” kata Nila.

Pagi ini (Kamis-red) KPU Solsel akan mengirimkan hasil pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur ke Provinsi untuk dilakukan perekapan tingkat Provinsi Sumbar. Penetapan hasil Pilkada di Solsel oleh KPU setempat, dilaksanakan pada Rabu (16/12) pukul 21.50 WIB.

Sementara, Komisioner Bawaslu Solsel, Ade Kunia Zelli mengatakan, selama perekapan hasil suara tidak ada pelanggaran yang ditemui. “Hanya saja sirekap yang seharusnya membuat kerja lebih mudah malah memiliki banyak kendala,” kata Ade. (afr)

Exit mobile version