Lapas Sawahlunto Asimilasi 55 Warga Binaan, Bantuan Sosial untuk 25 KK Disalurkan

SAWAHLUNTO,METRO
Sudah 55 orang warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Kota Sawahlunto telah diberikan asimilasi sejak 1 April 2020. Kepala Rutan Sawahlunto Subhan Malik mengatakan, asimilasi tersebut juga akan diberikan kepada 3 napi lagi di minggu terakhir April in.

“Jumlah warga binaan yang mendapat asimilasi atau pembebasan ini akan terus bertambah hingga masa darurat corona Covid-19 dicabut Pemerintah,” ujar Kepala Rutan Sawahlunto Subhan Malik kepada media saat membagikan bansos untuk masyarakat di sekitar Lapas Kota Sawahlunto, Kamis (22/4).

Kriteria mendapatkan asimilasi adalah napi berkelakuan baik dan sudah menghabiskan setengah dari masa tahanan.

Pembebasan ini ditujukan untuk pencegahan penyebaran Covid 19 dan akan terus berlangsung hingga masa darurat berakhir.

Selain asimilasi, Rutan Sawahlunto juga menutup kesempatan kunjungan fisik bagi napi. Layanan kunjungan fisik dari keluarga diganti dengan layanan kunjungan online melalui video call.

Menjaga kesehatan warga binaan, Lapas juga menjadwalkan kegiatan berjemur rutin 2 hari sekali memberi konsumsi vitamin C, dan melakukan cek suhu tubuh rutin kepada binaannya.

Selain peduli terhadap warga binaan, dalam masa darurat Covid ini petugas Rutan Sawahlunto juga menunjukkan kepedulian terhadap warga sekitar Lapas. Petugas dan Dharmawanita Lapas Kota Sawahlunto menyalurkan 25 paket sembako kepada warga sekitar pada kamis (23/4) di halaman Lapas. (cr2)

Exit mobile version