SAWAHLUNTO, METRO–Belum capai 6 (enam) bulan dilantik Direktur PDAM Sawahlunto Julmadizon, ST benar-benar telah menunjukan komitmennya dengan memperbaiki pelayanan dalam penyediaan air bersih PDAM kepada masyarakat Sawahlunto. Dari informasi yang diperoleh dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Kota Sawahlunto tingkat kepuasan terhadap pelayanan PDAM Sawahlunto positif.
Ini dibuktikan dengan tidak adanya keluhan baik dari mulut ke mulut, melalui media sosial dan laporan kepada Pemerintah Kota. Masyarakat pun tidak protes ketika tarif air PDAM dinaikan Rp. 200/kubik pada bulan September 2024. Meskipun dinaikkan tarifnya warga Sawahlunto tetap mendukung karena yakin kedepannya pengelolaan PDAM bagus, air bersih sampai kepada pelanggannya.
Julmadizon yang ditemui di kantornya, Senin (2/12) pagi mengungkapkan untuk saat ini ada 9 ribu pelanggan di Kota Sawahlunto. Dari Data PDAM Sawahlunto untuk Talawi sudah 96 persen pelanggan terlayani dengan baik air bersih tiap hari mengalir, Barangin sudah 86 persen sanggup terlayani pelanggan cuma untuk Daerah Santur masih bergilir hidupnya 2-4 jam tiap harinya, untuk Lembah Segar sudah 90 persen pelanggan terlayani yang terakhir semua pelanggan di Silungkang sudah bisa kita layani tersedia air bersihnya. Namun juga tetap masih ada beberapa kendala yang dihadapi, jelas Julmadizon.
“Untuk daerah Kubang Sirakuk Atas ada pipa PDAM melewati jalan Propinsi Sumatera Barat, sehingga untuk memperbaiki pipa kita butuh perizinan dari Propinsi Sumbar itu yang masih terkendala sampai saat ini. Ada 500 meter pipa yang mesti di perbaiki karena sudah habis umur ekonomisnya yaitu di daerah Baru Tajam masih terkendala di pendanaan. Untuk penyediaan air bersih yang dialiri oleh pipa Kayu Gadang terkendala pada pompa Rantih yang berfungsi cuma satu makanya pengaliran air tidak maksimal masih hidupnya secara bergiliran.