Baznas Kota Sawahlunto Salurkan Zakat 1.042 Mustahiq

SALURKAN— Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan dan Ketua Baznas Edrizon Effendi serahkan simbolis penyaluran zakat tahap III kepada perwakilan mustahiq

SAWAHLUNTO, METRO–Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Sawahlunto, menyalurkan zakat tahap III pada Oktober Tahun 2024 ini senilai total Rp676.100.000,  kepada sebanyak 1.042 orang mustahiq.

Ketua Baznas Kota Sawahlunto Edrizon Effendi, menyampaikan zakat itu disalurkan kepada mustahiq dengan enam kriteria penerima.

”Kriteria mustahiq yang menerima zakat Baznas Sawahlunto adalah bantuan biaya pendidikan, bantuan biaya modal/pengembangan usaha, bantuan biaya hidup lansia, bantuan rumah tidak layak huni, bantuan biaya hidup gharim dan bantuan biaya berobat,” ujarnya.

Untuk bantuan biaya pendidikan terbagi pada jenjang pendidikan dari TK sampai Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan penyaluran zakat tahap III Tahun 2024 tersebut juga secara simbolis diserahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) dari BPJS Ketenagakerjaan untuk ahli waris dari dua orang tenaga keagamaan yang premi BPJS Ketenagakerjaannya telah dibayarkan oleh Baznas.

Sekaligus juga diberikan bantuan alat bantu dengar untuk beberapa anak dengan gangguan pendengaran yang berasal dari keluarga mustahiq.

Ketua Baznas Edrizon Effendi menyatakan penyaluran zakat sejak Januari sampai September Tahun 2024 ini tercatat senilai Rp3.869.378.946,-, sedangkan penerimaan senilai Rp4.547.761.921,-.

”Kemudian Baznas Sawahlunto baru saja menerima bantuan CSR dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Sawahlunto yakni berupa satu unit sepeda motor. Baznas akan menggunakan sepeda motor ini untuk kepentingan operasional para staf terutama dalam kegiatan verifikasi lapangan dan lain-lain,” katanya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kinerja Baznas, sekaligus mengajak untuk peningkatan sinergi dengan Pemkot.

”BAZNas sudah banyak mendukung dan membantu program-program pemko terutama penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan potensi UMKM. Pemkot akan selalu mendukung dan bersinergi dengan BAZNas, sehingga semakin banyak mustahiq yang diberdayakan,” jelasnya.

Munculnya program inovasi dari BAZNas seperti bapak asuh anak stunting dan kampung zakat juga memperoleh perhatian dan dukungan Pj Wali Kota Fauzan Hasan. (pin)

Exit mobile version