Kunjungi Kebun Buah Kandi, SMP Muhammadiyah 5 Padang dapat Reward

BERIKAN REWARD— Heni Purwaningsih Kadis DKP3 saat berikan reeward berupa bibit tanaman sawo lando.

SAWAHLUNTO, METRO–Kunjungi Kebun Buah Kandi Kota Sawahlunto, SMP Muhammadiyah 5 Padang diberikan reward berupa bibit tanaman Sawo Londo, Minggu (14/10). Kebun Buah Kandi selalu siap menyambut kedatangan para pelajar dan guru yang ingin belajar sambil menikmati keindahan alam Sawahlunto.

Heni Purwaningsih Kadis DKP3 sangat apresiasi pengunjung yang datang ke kebun buah Kandi.  “Ini sebagai bentuk apresiasi, kami memberikan reward untuk penghargaan kepada sekolah-sekolah yang telah berkunjung ke Kebun Buah Kandi, berupa Sawo Londo,” kata dia.

Dijelaskan Gebi beberapa keistimewaan dari Sawo Londo. Merupakan  salah satu buah unik yang tumbuh di Sawahlunto. Dengan kulit buah berwarna kuning, daging buah yang lembut, dan rasa manis yang khas, Sawo Londo menjadi buah langka yang tak mudah ditemukan di banyak tempat.

“Buah ini juga punya nilai historis dan kultural, memperkaya identitas lokal Sawahlunto yang terkenal dengan keunikan alam dan sejarahnya,” terangnya.

Katanya, Sawo Londo sering dikaitkan dengan warisan kolonial Belanda, sehingga buah ini dianggap sebagai bagian dari sejarah pertanian yang diwariskan di Sawahlunto. Nama “londo” sendiri me­ngacu pada “Belanda” dalam bahasa setempat.

“Sawahlunto, yang ter­kenal sebagai kota tambang batu bara pada masa kolonial, juga menyerap pengaruh dari Belanda, termasuk dalam bidang agrikultur,” sebutnya.

Heni mengharapkan melalui hadiah Sawo Londo ini, kami berharap para siswa bisa lebih mengenal kekayaan buah lokal yang jarang dijumpai di luar Sawahlunto.

Selain menjadi oleh-oleh yang berkesan, Sawo Londo juga bisa menjadi me­dia edukasi untuk mem­pelajari keragaman hayati di daerah ini.  “Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk ber­kunjung ke Kebun Buah Kandi dan dapatkan reward menarik sebagai kenang-kenangan,” ingatnya. (pin)

 

Exit mobile version