Pj Wako Fauzan Hasan Komitmen Kampanye Damai

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan

SAWAHLUNTO, METRO–Dua pasangan calon (paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto bersama partai politik (parpol) pengusung dan tim sukses (timses) masing-masing menyepakati melaksanakan rangkaian kampanye secara damai dan sesuai regulasi yang berlaku.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Hamdani, menyampaikan kesepakatan itu telah ditandatangani secara resmi oleh kedua paslon bersama penyelenggara dan pengawas Pemilu, serta Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto beserta Forkopimda dalam Deklarasi Kampanye Damai Pilkada serentak 2024 di Sawahlunto.

”Kita sepakat bagaimana di Sawahlunto berjalan kampanye yang sehat, bersih dan damai. Silahkan adu gagasan adu visi misi, tapi tidak ada yang boleh sampai menganggu dan merusak silahturahmi serta persatuan yang selama ini sudah terjaga dengan baik di kota kecil yang kita cintai ini,” katanya.

Untuk itu kata dia KPU dan Bawaslu telah menetapkan regulasi atau tata tertib pelaksanaan kampanye agar dipatuhi atau dijadikan rambu-rambu pembatas bagi kedua paslon dalam menyelenggarakan kampanye.

Ia juga menekankan bahwa dalam kampanye sekarang dihimbau untuk menghindari politisasi isu SARA dan politik uang (money politic).

”Aturannya sudah jelas, sudah dikeluarkan dan disepakati. Selanjutnya tentu harus dipatuhi, kalau tidak maka nanti ada konsekwensi yang harus ditanggung,” sebutnya.

Dia mengajak kedua paslon agar sama-sama mengedepankan materi kampanye yang sehat damai dan bersih. Artinya memang hanya menampilkan visi misi dan rencana program masing-masing, tidak menyinggung atau mengarah pada black campaign (kampanye hitam) untuk menjatuhkan paslon lain.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan yang hadir langsung pada Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Sawahlunto itu menyampaikan komitmen Pemko dalam mendukung kampanye yang damai sehat dan bersih tersebut.

”Sudah kita sepakati bersama poin-poin dalam Deklarasi Kampanye Damai ini. Maka setelah ini kita semua dituntut menghargai apa yang telah disepakati ini, cara menghargainya adalah dengan mematuhi kesepakatan tersebut,” sebut Fauzan Hasan. (pin)

Exit mobile version