Terbanyak Ketiga di Indonesia, Seleksi CPNS Pemkab Sijunjung Diburu Pelamar

Riky Maineldi Neri Kepala BKPSDM Sijunjung

SIJUNJUNG, METRO–Kabupaten Sijunjung diburu para pelamar pada pembukaan seleksi CPNS tahun 2024 kali ini. Tercatat sebanyak 28.609 pendaftar yang telah melakukan Submit untuk mengisi formasi yang dibuka oleh Pemkab Sijunjung.

Pendaftaran CPNS 2024 telah resmi ditutup pada Selasa (10/9) tepat pukul 23.59 WIB kemarin. Dari hasil pendaftaran tersebut, Pemkab Sijunjung sebagai daerah nomor tiga pelamar terbanyak di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Pemprov Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Kepala BKPSDM Sijunjung, Riky Maineldi Neri. Banyaknya jumlah pelamar CPNS di Sijunjung disebabkan banyaknya kebutuhan formasi yang dibuka Pemkab Sijunjung sebanyak 1.261 formasi.

“Berdasarkan jumlah data yang sudah melakukan Submit untuk ikut seleksi CPNS di Pemkab Sijunjung tercatat sebanyak 28.609 orang. Sekarang waktu pendaftaran sudah ditutup,” tuturnya.

Dikatakannya, tahun ini Pemkab Sijunjung mem­buka sebanyak 1.261 formasi untuk memenuhi kebutuhan ASN di lingkungan pemerintahan.

“Banyak pelamar karena formasi yang kita butuhkan juga banyak jika dibanding daerah lainnya. Kebutuhan formasi ini untuk memenuhi kekurangan ASN di lingkup Pemkab Sijunjung,” ujarnya.

Dijelaskannya, ada tiga formasi yang paling diminati oleh pelamar CPNS di Pemkab Sijunjung tahun 2024 ini.

“Ada tiga formasi yang banyak pelamar diantaranya, operator layanan kesehatan dilamar sebanyak 7661 orang, petugas pemadam kebakaran pemula sebanyak 2139 pelamar dan penata laksana sumber daya air pemula sebanyak 1331 pelamar,” jelasnya.

Meskipun diburu pelamar namun, Pihaknya mengatakan bahwa ada sejumlah formasi yang sepi peminat atau tidak ada pelamar.

“Tapi ada juga yang sepi peminat, bahkan ma­lah tidak ada pelamar. Sebagian besar seperti formasi dokter spesialis, bedah, saraf, jantung dan pembuluh darah, mata, fisik dan rehabilitasi, penyakit dalam dan radiologi saraf. Kemudian pendaf­tar disabilitas hanya ada sekitar enam orang, sedangkan formasi  yang dibuka ada 25 formasi,” tambahnya. (ndo)

Exit mobile version