Pemko Sawahlunto Dukung dan Fasilitasi Kelancaran PSU DPR RI

PANTAU—Penjabat Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan dan jajaran Forkopimda pantau langsung suasana TPS PSU DPD RI

SAWAHLUNTO, METRO–Pemko Sawahlunto, mendukung dan memfasilitasi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI agar masyarakat bisa memberikan hak su­ara dengan lancar.  Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan, di Sawahlunto, Sabtu menyampaikan Pemko bersinergi dengan pihak penyelenggara yakni KPU dan pihak pengawas yakni Bawaslu, serta turut didukung unsur pengamanan TNI-Polri.

”Kita bersama jajaran Forkopimda sudah berkeliling ke sejumlah TPS untuk meninjau langsung kondisi PSU DPD ini. Terpantau proses PSU berjalan lancar dan aman, semua penyelenggara juga berkoordinasi dengan baik sehingga tidak ada persoalan yang terjadi di lapangan,” ungkapnya.

Menyikapi kelancaran PSU tersebut, Pj Wali Kota Fauzan Hasan menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat baik langsung maupun tidak langsung.

”Namun memang untuk tingkat partisipasi pemilih dalam memberikan hak suara di PSU DPD ini untuk sementara dalam pemantauan tadi itu masih rendah. Rata-rata tadi di TPS yang kita kunjungi baru setengah dari total DPT yang hadir memberikan hak suara,” jelasnya.

Disebutkan dia, sebelumnya Pemkot didukung pihak terkait telah membantu KPU mensosia­lisa­sikan kepada ma­syarakat agar hadir ke TPS memberikan hak suara.

”Untuk tingkat kehadiran pemilih, itu memang kembali pada kesadaran dan partisipasi masing-masing pemilik hak suara. Namun yang pasti terlepas dari tingkat kehadiran tersebut, pemko berkomitmen dan sudah membuktikan mendukung pe­nuh serta ikut memfasilitasi kelancaran penyelenggaraan pemungutan suara,” kata dia.

Pj Wali Kota Fauzan Hasan berkeliling ke se­jumlah TPS didampingi Forkopimda yakni Ketua DPRD Eka Wahyu, Kapolres AKBP. Purwanto Hari Subekti, Danramil Sawahlunto Mayor. Tuti Andayani, Ketua Pengadilan Negeri Tofan Husma Pattimura, Kasi Intelijen Kejaksaan Sawahlunto Dede Mauladi, Sekretaris Daerah Ambun Kadri, Ketua KPU Hamdani, Ketua Bawaslu Junaidi Hartoni dan sejumlah kepala perang­kat daerah terkait. (pin)

Exit mobile version