MTQ juga Ditujukan untuk Meramaikan Masjid

SAMBUTAN—Bupati Sijunjung Benny Dwifa saat berikan sambutan.

SIJUNJUNG, METRO–Pelaksanaan MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Sijunjung diharapkan mampu melahirkan qori dan qoriah baru yang berpotensi. Selain itu, kegiatan tersebut juga ditujukan agar meramaikan masjid dan mushalla serta memperkuat nilai-nilai keagamaan di tengah masyarakat.

Pembukaan MTQ dilakukan Gubernur Sumbar, Mahyeldi yang didampingi Bupati Sijunjung Benny Dwifa yang bertempat di Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Ba­ru, pada Senin (24/6).

Pada kesempatan itu juga hadir Dasrizal Qori asal Sijunjung yang sudah mengharumkan nama Indonesia juara MTQ Internasional di Malaysia dan Kuwait.

“Kita berharap dengan adanya ajang MTQ ini juga bisa melahirkan Dasrizal-Dasrizal baru,” ujar Gubernur.

Disampaikannya, pendidikan serta perlombaan baca tulis Alquran harus digairahkan mulai dari tingkat jorong, dusun, dan kelurahan di Sumbar.  “Bagaimana pun, pemerintah bersama segenap pemangku kepentingan dalam ma­sya­rakat harus berupaya sekuat tenaga mendekatkan generasi muda kepada Alquran,” harapnya.

“Bung Hatta pernah berpesan, seterang apa pun obor Monas di Jakarta, itu tidak akan sanggup menerangi seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kita perlu menerangi setiap jorong, desa, dusun, dan kelurahan dengan lilin-lilin kecil, sehingga seluruh Nusantara ini akan menjadi terang bende­rang. Menggairahkan pendidikan Alquran adalah bagian dari upaya kita di Sumbar untuk menerangi Nusantara itu,” ungkap Mahyeldi menambahkan.

Sementara, Bupati Sijunjung Benny Dwifa  berharap pelaksanaan MTQ di Kabupaten Sijunjung juga menjadi momentum untuk lebih mendekatkan generasi muda Sijunjung dengan Alquran.

“Ini salah satu upaya kita agar terus meramaikan masjid dan musala melalui berbagai kegiatan, termasuk pendalaman pendidikan Alquran, sehingga dari sana akan lahir calon qori/qoriah terbaik. Mereka juga akan menjadi generasi yang siap ilmu dan siap iman,” tutur Benny Dwifa.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung yang juga Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatilah menerangkan, pelaksanaan MTQ Nasional ke-41 di Kabupaten Sijunjung diikuti 8 kafilah dari 8 kecamatan yang ada di Sijunjung. Terdapat 9 cabang yang terdiri dari 21 golongan yang diperlombakan, dan diikuti oleh 352 orang qori dan qoriah.

“Kita tentu bertekad, pelaksanaan MTQ Sijunjung akan melahirkan sosok qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Sumbar pada ajang MTQ tingkat nasional,” ucap Iraddatilah.

Hadir pada pembukaan MTQ tersebut, Kepala Bidang Penaiszawa Kemenag Sumbar, Yufrizal, Kepala Biro Kesra Al Amin, Kepala Biro Umum Edi Dharma Syafni.

Selanjutnya, hadir Unsur Forkopimda Sijunjung, Anggota DPRD Sijunjung, Kakan Kemenag Sijunjung, MUI, Baznas, LKAAM, camat se-Kabupaten Sijunjung, walinagari, dan tokoh masyarakat lainnya. (ndo)

Exit mobile version