10 Pelajar Sawahlunto Belajar Homestay dan Wisata ke Malaysia

FOTO BERSAMA— Pelajar Sawahlunto yang mengikuti ASEAN Edu Tourism Workshop 2024 di Malaysia berfoto bersama Penjabat Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan.

SAWAHLUNTO, METRO –Sebanyak 10 orang pelajar dari Kota Sawahlunto, mengikuti ASEAN Edu Tourism Workshop 2024 di Malaysia.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah­raga (Disparpora) Kota Sa­wahlunto Eko No­vianto, di Sawahlunto, menyampaikan kegiatan mengirimkan pelajar ke Malaysia tersebut merupakan kolaborasi bersama antara Persatuan Ho­mestay Sawahlunto, Pro­vinsi Sumatera Barat dan Negeri Trengganu Malaysia.

”Para pelajar kita ini akan belajar tentang ba­gaimana pengelolaan ho­mestay, pariwisata dan pendidikan di Trengganu Malaysia. Sekaligus membawa misi menjadi duta wisata Sawahlunto, yakni mempromosikan keka­yaan wisata dan sejarah kota kita untuk diceritakan kepada masyarakat di Malaysia,” katanya.

Ia menyebut 10 orang pelajar Sawahlunto itu akan berada di Malaysia sejak 24-28 Juni 2024 nanti. Dengan sejumlah lokasi pembelajaran seperti di Universitas Malaysia Treng­ganu, Universitas Sultan Zainal Abidin dan Museum Negeri Trengganu.

”10 orang pelajar Sa­wahlunto ini terdiri dari lima orang dari SMA Ne­geri 1 Sawahlunto, tiga orang dari SMA Negeri 2 Sawahlunto, satu orang dari SMA Negeri 3 Sawahlunto dan satu orang dari SMK Negeri 1 Sawahlunto,” ujarnya.

Eko menyebut tingkat antusias pelajar Sawahlunto untuk mengikuti program tersebut cukup tinggi, sehingga karena pen­daftar yang ikut melebihi kuota maka pihaknya me­lakukan seleksi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan melepas secara resmi 10 orang pelajar tersebut dan berpesan supaya mereka dapat menjaga sikap dan tindakan dengan baik selama di negara tetangga itu.

”Adik-adik di sana men­jadi cermin dari Sa­wahlunto dan Indonesia, kalau adik-adik berperilaku tidak baik maka orang akan menganggap Indonesia juga tidak baik. Makanya kita berharap adik-adik bisa mengemban amanah menjadi duta Sa­wahlunto dan Indonesia ini dengan baik,” sebutnya.

Kepada para pendam­ping yang berjumlah tiga orang guru, Pj Wali Kota Fauzan Hasan mengamanahkan agar dapat mengawasi dan membantu para pelajar itu terutama untuk kesehatan dan perilaku sehari-hari. (pin)

Exit mobile version