Jalan Selalu Digenangi Air, Laporan Warga dan Camat Disikapi Pj Wako

PENINJAUAN JALAN— Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan tinjau jalan kota di Desa Santur - Talago Gunung yang selalu digenangi air setiap tahun itu.

SAWAHLUNTO, METRO–Pasca laporan dari ma­syarakat dan Camat Ba­rangin Subandi, Pj Walikota Sawahlunto, Fauzi Ha­san langsung tinjau ruas jalan kota, Desa Santur – Talago Gunung yang digenangi air tiap tahun itu.

Fauzan Hasan meminta jajarannya untuk segera melakukan tindakan. “InsyaAllah ada solusi penanganannya, malam ini, (Kamis, 13/6) camat dan Kadis PUPR dan lainnya akan mendatangi pemilik tanah untuk perbaikan jalan tersebut. Semoga sesudah lebaran Idul Ad­ha diperbaiki,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kadis PUPR Sawahlunto, Maizir. “Saat ini kami bersama Pj Walikota dan camat sedang berada di lokasi. Dalam waktu dekat kita per­bai­ki,”katanya.

Camar Barangin Subandi, juga menyampaikan, ia bersama Dinas PUPR dan Forkopincam akan menemui pihak pemilik tanah dipinggir jalan itu.

Aksi cepat PJ Walikota Fauzan Hasan hanya hitungan waktu dua jam, Pj Walikota Fauzan Hasan pun tiba di lokasi bersama Camat Barangin, Subandi, Kadis PUPR Maizir, dan instansi terkait lainnya.

Sebelumnya warga di sekitar ruas jalan  Ruas Jalan Kota, Desa Santur – Talago Gunung heboh. Pasalnya jalan utama itu selalu digenangi air, meski tidak ada hujang. Dan bahkan persoalan itu su­dah dilaporkan kepada pihak PUPR, namun tak di­gubris. Informasi dari war­ga sekitar pemakai jalan ada sekitar 15 meter panjang dan lebar sekitar tiga meter digenangi air dengan ketinggian kisaran 50 – 60 cm. Bahkan meski kemarau, ruas jalan kota yang juga menghubungkan Kabupaten Solok itu tetap digenangi air.

Salah seorang warga Yus mengungkapkan kekesalannya. “Sudah tiga tahun lebih saya di Sa­wahlunto, kondisi jalan itu dibiarkan begitu saja tanpa ada draina­se,”ujarnya.

Beberapa warga juga mengeluhkan hal yang senada. Bahkan tiap kali hujang turun, kawasan itu menjadi kawasan kolam mini, “Padahal itu adalah jalan utama bagi warga yang tinggal di Desa Talago Gunung dan menuju Kabupaten Solok. Diha­rap­kan segera semua jalan rusak di jalan kota diperbaiki oleh Pemerintah Kota Sa­wahlunto. Selain itu banyak juga warga yang kecelakaan, terjatuh akibat kondisi jalan itu,” tambahnya..

Camat Barangin, Subandi pun tak menapik kondisi carut-marut ruas jalan kota Desa Santur – Talago Gunung itu. “Itulah, sudah seringkali kita laporkan pada Dinas PUPR Kota Sawahlunto, namun hingga kini tak ditanggapi. Tak jelas masalahnya. Dan tak mungkin pula anggaran desa untuk memper­bai­ki.jalan kota itu,”ucapnya.

Ditambahkannya Camat bersama warga siap gotong royong bila diberikan anggarannya kepada Kecamatan.

“Kalau tidak berikan anggaran pada kami, biar kami yang memperbaikinya. Dengan hanya Rp50 juta saja, saya rasa cukup dengan pekerjaan gotong royong,” pintanya. (pin)

Exit mobile version